Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Sumber Mata Air di Gunung Slamet Jalur Bambangan

Pendakian di gunung memang sangat memerlukan air untuk keperluan minum pada saat melakukan perjalanan pendakian yang melelahkan. Pasti juga semua pendaki setiap pendaki akan melakukan pendakian akan mencari informasi ada atau tidaknya sumber mata air. Di gunung Slamet jalur Bambangan sendiri sumber mata air terdapat di Pos V atau Pos Samyang Rangkah / Mata Air


Jalur Pendakian Gunung Slamet Populer

Jalur pendakian Gunung Slamet yang paling populer bagi kalangan pendaki adalah jalur Bambangan yang terletak di Kabupaten Purbalingga. Selain jalur tersebut terdapat juga beberapa jalur lain seperti jalur Baturaden, kaligua, Guci dan beberapa jalur di Kabupaten Pemalang seperti jalur Dipa Jaya dan Jurangmangu, serta beberapa lagi yang lain.


Di musim penghujan seperti sekarang ini mata air di jalur pendakian bambangan pasti sangat melimpah. Tetapi Kalau di musim kemarau, Dusun Bambangan mengalami kekeringan dan berdampak juga pada mata air yang ada di jalur pendakian tersebut. Sehingga para pendaki harus membawa air sendiri atau bijaksana dalam mengambil air di pos pendakian karena harus berbagi dengan pendaki lainnya.


Jalur pendakian dari Pos 4 ke Pos 5 cukup singkat hanya memerlukan waktu 30 menit dan paling lama hanya sampai 1 jam saja untuk mencapai ke Samyang Rangkah atau sering disebut pos Mata Air. Mata air biasanya sangat berlimpah di pos ini, arah mata air dari pos 5 bisa di ambil melalui jalur kiri dari arah naik ke Pos 5, turun menuju pos air kurang lebih 5 - 10 menit.


Untuk menuju ke Mata Air perlu hati - hati karena jalan yang dilalui curam, sangat licin dan berlumut. Biasanya di Pos 5 ini perlu waspada terhadap hewan liar seperti babi dan lain - lain, karena di sekitar mata air pasti juga banyak hewan lainnya untuk mencari air minum. Untuk vegetasi mulai didominasi hutan lamtoro dan mulai sering terjadi badai.


Selain sebagai Pos Mata Air tempat ini sering sekali dijadikan tempat camping untuk persiapan summit ke puncak untuk keesokan harinya. Dikarenakan tempat ini sangat dekat dengan mata air. Admin sendiri biasa membuat camp di Pos V ini dan Pos VII sebelum ke puncak.