Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Universitas Tertua di Dunia

Universitas Tertua

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian yang memberikan gelar akademik dalam berbagai mata pelajaran dan menyediakan pendidikan sarjana dan pendidikan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin yaitu universitas magistrorum et Scholarium, kira-kira berarti "komunitas guru dan ulama".


Istilah ini diciptakan oleh Italian University of Bologna, yang dengan didirikan pada tahun 1088 dan dianggap sebagai universitas pertama atau universitas tertua . Berikut termasuk yang menunjukkan daftar universitas tertua di dunia, melalui sejarah singkat dan tren.



1. University of Bologna (Bologna, Italy, Founded in 1088)
Universitas pertama dalam arti sebuah lembaga belajar yang lebih tinggi, gelar-pemberian, kata universitas yang telah diciptakan pada pendiriannya. Di daftar universitas tertua di dunia yang terus beroperasi. Alma Mater Studiorum - University of Bologna adalah sebuah universitas yang terletak di Bologna, Italia didirikan pada 1088.

Pada 2000 motto Universitas adalah Almamater studiorum (Latin untuk "ibu asuh studi") Universitas ini memiliki sekitar 100.000 siswa di 23 sekolah-sekolah. Ini memiliki pusat cabang di Imola, Ravenna, Forlì, Cesena dan Rimini dan pusat cabang luar negeri di Buenos Aires. Selain itu, memiliki sebuah sekolah keunggulan bernama Collegio Superiore di Bologna.

Tanggal pendiriannya tidak pasti, namun telah diyakini oleh sebagian besar account telah didirikan pada tahun 1088. Universitas menerima piagam dari Frederick Barbarossa I tahun 1158, tetapi dalam abad ke-19, sebuah komite yang dipimpin oleh sejarawan Giosuè Carducci ditelusuri berdirinya kembali University untuk 1088, yang akan membuatnya salah satu universitas tertua di dunia. The College of Bologna, yang didirikan pada 1088, mungkin lembaga akademis paling awal dari dunia beradab.



2. University of Paris (Paris, France, Founded in 1150)


Universitas ini didirikan pada pertengahan abad ke-12, dan secara resmi diakui sebagai universitas mungkin diantara tahun 1160 dan 1170. Setelah banyak perubahan, termasuk abad suspensi (1793-1896), itu tidak lagi ada seperti itu pada tahun 1970 dan 13 universitas otonomi (University of Paris I-XIII) diciptakan dari itu.

Universitas ini sering disebut sebagai Sorbonne atau La Sorbonne setelah lembaga perguruan tinggi (College de Sorbonne) yang didirikan sekitar 1257 oleh Robert de Sorbon. Bahkan, universitas seperti yang lebih tua dan tidak pernah benar-benar berpusat pada Sorbonne. Dari 13 universitas penerus saat ini, 4 pertama memiliki kehadiran di gedung bersejarah Sorbonne, dan tiga yang dinamakan "Sorbonne".



3. University of Oxford (Oxford, England, Founded in 1167)


"Diklaim sebagai universitas tertua di dunia, tidak ada tanggal yang jelas dari yayasan Universitas Oxford, tetapi mengajar ada di Oxford dalam beberapa bentuk tahun 1096 dan berkembang pesat dari 1167, ketika Henry II melarang pelajar Inggris untuk menghadiri dan belajar di Universitas Paris . "Mengajar ditangguhkan pada 1209 (karena adanya eksekusi yang dilakukan pada dua kota pelajar) dan 1355 (karena adanya kerusuhan St Scholastica), tapi terus menerus selama Perang Saudara Inggris (1642-1651) - Universitas adalah royalis.

All Souls College dan University College telah berulang kali mengklaim bahwa dokumen mereka sendiri membuktikan bahwa mengajar di Oxford dimulai pada tahun 825, tetapi dokumen-dokumen ini tidak pernah dilihatkan secara umum ke publik. Namun, itu tidak sampai 1254 bahwa Paus Innocent IV memberikan ke Oxford piagam University oleh kepausan ("Querentes in agro").



4. University of Cambridge (Cambridge, England, Founded in 1209)
Didirikan oleh para sarjana yang meninggalkan Oxford setelah sengketa yang disebabkan oleh eksekusi dua pelajar pada 1209, dan royal charter diberikan pada 1231. Universitas mengambil tahun 1209 sebagai hari resmi. The University of Cambridge adalah universitas riset publik yang terletak di Cambridge, United Kingdom. Ini adalah universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris (setelah Universitas Oxford). Dalam posting-nominals nama universitas disingkat sebagai Cantab, bentuk singkat dari Cantabrigiensis (kata sifat berasal dari Cantabrigia, bentuk Latinised Cambridge).

Universitas tumbuh dari sebuah asosiasi sarjana Cambridge yang dibentuk pada 1209, catatan awal menunjukkan, oleh para sarjana meninggalkan Oxford setelah sengketa dengan warga kota. Kedua "ancient universities" memiliki banyak fitur-fitur umum dan sering bersama-sama disebut sebagai Oxbridge. Selain asosiasi budaya dan praktis sebagai bagian bersejarah masyarakat Inggris, mereka memiliki sejarah panjang persaingan satu sama lain.



5. University of Salamanca (Salamanca, Spain, Founded in 1218)
Universitas Salamanca adalah lembaga pendidikan tinggi Spanyol, yang terletak di kota Salamanca, sebelah barat kota Madrid, di komunitas otonom Castilla dan Leon. Universitas ini didirikan pada tahun 1134 dan diberi piagam Kerajaan yayasan oleh Raja Alfonso IX tahun 1218. Universitas ini adalah universitas tertua didirikan di Spanyol dan tertua universitas Eropa ketiga dalam operasi yang terus menerus. Itu adalah lembaga Eropa pertama yang menerima gelar formal "Universitas"; itu diberikan oleh Raja Alfonso X di 1254 dan diakui oleh Paus Alexander IV tahun 1255.

Merupakan universitas tertua dalam operasinya di Spanyol. Meskipun ada catatan dari Universitas dengan pemberian gelar bertahun-tahun sebelum kronologi James Trager, rakyat menetapkan tanggal berdirinya pada tahun 1134, hanya menerima grafik Kerajaan pondasi sebagai "Estudio General" pada tahun 1218, sehingga mungkin keempat atau bahkan ketiga universitas Eropa tertua dalam continuous operations.

Namun, itu adalah universitas Eropa pertama yang menerima gelar "Universitas" yang diberikan oleh raja Castile dan Leon Alfonso X dan Paus di 1254. Setelah dikeluarkan dari Universitas pada tahun 1852 oleh pemerintah Spanyol, Fakultas Teologi dan Hukum Canon menjadi Universitas Kepausan Salamanca pada tahun 1940.


6. University of Padua (Padua, Italy, Founded in 1222)
Didirikan oleh para sarjana dan profesor setelah meninggalkan Bologna. The University of Padua (Italia Università degli Studi di Padova, UNIPD) adalah sebuah universitas terkemuka Italia yang terletak di kota Padua, Italia. The University of Padua didirikan tahun 1222 sebagai sekolah hukum dan merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Eropa modern awal. Ini merupakan salah satu universitas paling awal di dunia dan tertua kedua di Italia. Pada 2010 universitas memiliki sekitar 65.000 siswa.

Universitas ini secara konvensional dikatakan telah didirikan pada tahun 1222 (yang sesuai dengan pertama kali ketika Universitas dikutip dalam dokumen historis yang sudah ada, oleh karena itu cukup jelas lebih tua) ketika sekelompok besar mahasiswa dan dosen meninggalkan Universitas Bologna untuk mencari lebih banyak kebebasan akademik ('Libertas Scholastica').

Subyek pertama yang diajarkan adalah hukum dan teologi. Kurikulum berkembang pesat, dan pada 1399 lembaga itu dibagi dua: a Universitas Iuristarum untuk hukum perdata dan hukum Canon, dan Artistarum Universitas yang mengajarkan astronomi, dialektika, filsafat, tata bahasa, obat-obatan, dan retorika. Ada juga Universitas Theologorum, didirikan pada tahun 1373 oleh Perkotaan V.


7. University of Naples Federico II (Naples, Italy, Founded in 1224)


Didirikan oleh Frederick II, Kaisar the Holy Roman Empire. The University of Naples Federico II adalah sebuah universitas yang terletak di Naples, Italia. Universitas ini didirikan pada 1224 dan diselenggarakan dalam 13 fakultas. Ini adalah universitas tertua negara di dunia dan salah satu institusi akademik tertua terus beroperasi. Universitas ini dinamai pendirinya Frederick II.

The University of Naples Federico II didirikan oleh kaisar Kekaisaran Romawi Suci Frederick II pada 5 Juni 1224. Ini adalah yang paling kuno lembaga negara yang didukung pendidikan tinggi dan penelitian di dunia. Salah satu siswa yang paling terkenal dari universitas ini adalah Roman teolog Katolik dan filsuf Thomas Aquinas.


8. University of Toulouse (Toulouse, France, Founded in 1229)


Université de Toulouse adalah konsorsium universitas-universitas Prancis, grandes écoles dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dan penelitian, dinamai salah satu universitas yang paling awal didirikan di Eropa pada 1229, dan termasuk universitas penerus bahwa universitas sebelumnya. Artikel ini menjelaskan lembaga yang telah disebut "Université de Toulouse".

Pembentukan Universitas Toulouse dikenakan pada Comte Raymond VII sebagai bagian dari Perjanjian Paris pada 1229 mengakhiri perang salib melawan Albigensia. Saat ia dicurigai bersimpati dengan bidah, Raymond VII harus membiayai pengajaran teologi. Uskup Foulques de Toulouse merupakan salah satu pendiri Universitas. Di antara dosen pertama adalah: Jean de Garlande, Roland of Cremona. Fakultas lain (hukum, kedokteran) yang ditambahkan kemudian. Awalnya, Universitas ini terletak di pusat kota, bersama-sama dengan nenek moyang asrama siswa, perguruan tinggi.


9. University of Siena (Siena, Italy, Founded in 1240)


The University of Siena di Siena, Tuscany adalah salah satu universitas tertua dan pertama yang didanai publik universitas di Italia. Awalnya bernama Studium Senese, University of Siena didirikan pada 1240. Universitas ini memiliki sekitar 20.000 siswa pada tahun 2006 hampir setengah dari total penduduk Siena dari sekitar 54.000. Hari ini, University of Siena terkenal untuk Sekolah Hukum dan Kedokteran.

Awalnya bernama Studium Senese, didirikan oleh Komune Siena pada 1240. Pada 1321, studium ini mampu menarik sejumlah besar atau murid karena eksodus massal dari tetangga Universitas bergengsi Bologna. Ditutup sementara pada 1808-1815 ketika pasukan Napoleon menduduki Tuscany. Pada November 7, 1990 universitas merayakan ulang tahun ke-750 nya.


10. University of Valladolid (Valladolid, Spain, Founded in 1241)


The University of Valladolid adalah sebuah universitas publik di kota Valladolid, provinsi Valladolid, di wilayah otonomi Castile-Leon, Spanyol. Universitas saat ini memiliki 31.780 mahasiswa dan lebih dari 2.000 guru. Pada posisi 10 di antara universitas tertua di dunia, The University of Valladolid (UVa) adalah sebuah universitas publik Spanyol didirikan pada tahun 1241 sebagai penghapusan studi di Universitas Palencia, didirikan oleh Alfonso VIII dari Kastilia, antara 1208 dan 1212.

Ia saat ini bertanggung jawab untuk mengajar pendidikan tinggi di tujuh kampus didistribusikan melalui empat kota Castile and Leon: Valladolid, Palencia, Soria dan Segovia.
Satu hipotesis adalah bahwa yayasan merupakan hasil dari transfer Palencia Umum Survey antara 1208 dan 1241 oleh Alfonso VIII, raja Castile, dan Uskup Tello Tellez de Meneses.

2 comments