Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

The Operating System - Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan salah satu komponen yang paling penting dari setiap sistem komputer. Pengertian sistem operasi adalah sistem yang menjalankan komputer di tingkat yang paling dasar. Sebuah sistem operasi, juga dikenal sebagai OS, yaitu software yang memungkinkan semua pengguna untuk berinteraksi dengan komputer.


Perangkat lunak ini membuat interface pengguna grafis melalui Command Line Interface (CLIs) atau Graphical User Interface atau yang disebut GUI, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi komputer.


Sistem Operasi

Tanpa sistem operasi, komputer merupakan sebuah kotak tak bernyawa. Sistem operasi bertanggung jawab untuk segala sesuatu dari starting up komputer ketika menekan tombol "on" untuk sistem tingkat keamanan yang tinggi. Jenis sistem operasi komputer juga telah menentukan bagaimana jenis perangkat lunak dapat berjalan pada computer tersebut.
Memahami sistem operasi sangat penting untuk setiap pengguna komputer. Tiga jenis utama dari sistem operasi saat ini adalah Microsoft Windows, Apple Mac OS X, dan Linux, mereka semua berbagi dalam struktur visual yang sama. Sistem operasi terkemuka di dunia sekarang dimiliki oleh Microsoft.


Yang terbesar kedua adalah Macintosh, dan Linux yang terakhir. Semua dari mereka memiliki pro dan kontra, tapi yang terbaik untuk menggunakan hanya dapat ditentukan oleh preferensi dari diri kita sendiri. Semua komputer yang dijual di pasaran saat ini memiliki sistem operasi yang sudah terinstal didalamnya tapi ini tidak membatasi untuk menginstal versi lain dari Windows sebagai gantinya.

 

Bagaimana Kinerja Sistem Operasi?

Telah banyak adanya penjelasan sederhana untuk pertanyaan ini yang akan membantu untuk membuat lebih mudah dalam memahami dan mengingat. Ada tiga fungsi yang utama dalam kinerja system operasi, yaitu:


1. Fungsi sebagai mediator
Sistem operasi membuat komunikasi yang konstan dengan perangkat keras internal (CPU, memori, perangkat penyimpanan, dll) untuk menyediakan eksekusi efisien program lain. Ini berarti berfungsi sebagai mediator antara hardware dan software yang berjalan dalam sistem operasi.

Misalnya, jika Anda membuka dokumen word, dokumen baru atau file akan membutuhkan sumber daya tertentu dari perangkat keras seperti memori, ruang dari hard drive, sumber daya grafis dari kartu video, dan daya proses dari CPU untuk memproses informasi. Kemudian sistem operasi mengkoordinasikan semua tugas ini sekaligus untuk memastikan dokumen (dalam contoh ini) mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk jumlah waktu yang tetap dibuka.


2. Fungsinya sebagai wadah
Dengan berfungsi sebagai wadah karena setiap program yang diinstal di sebuah komputer tidak dapat diinstal di luar dari sistem operasi. Hal ini mirip dengan motherboard yang berfungsi atau bertindak sebagai jembatan komunikasi untuk semua bagian yang ada di dalam komputer karena semua bagian harus menyambung ke sana untuk dapat bekerja.

Cara yang sama juga bagi semua perangkat lunak hanya dapat diinstal atau dijalankan melalui sistem operasi sehingga OS dapat bertindak sebagai jembatan komunikasi dengan perangkat keras.


3. Fungsi sebagai penerjemah
Untuk yang terakhir karena kita tidak berbicara bahasa yang sama seperti yang komputer lakukan (kode biner), OS menerjemahkan kode ini "0s" dan "1s" dalam bentuk yang semua orang bisa memahaminya yaitu dengan apa yang ada pada layar komputer menampilkan menggunakan kombinasi grafis dan teks. Kecuali seseorang yang sudah ahli dalam kode biner maka tidak akan menavigasi komputer tanpa bantuan OS.
Comments
14 Comments

14 comments

  1. lengkap sekali ya mas fungsinya...jika tidak ada os pasati akan kebingungna pakai apa, kembali ke dos

    ReplyDelete
  2. benar juga sob, tanpa os apalah arti kotak besi tersebut. Dan saat ini os dan perangkat kerasnya berkembang seimbang. makasih tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob,..memang Os sangat penting dalam suatu perangkat komputer..

      Delete
  3. Replies
    1. bisa dibilang seperti itu.... :)

      Delete
    2. trus klau Office itu telinganya

      Delete
    3. hehe,..ada mba Indah niy,... :)

      Delete
  4. terlalu tinggi buat saya mas, tapi saya udah biasa menggunakan OS Windows. Tapi klau bosen pakai Ubuntu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu tinggi apanya mba?? :)

      itu kn selera, jd beda-beda mw pake apa... ^_^

      Delete
  5. Aku biasa pake Os Microsoft windows kalau linux aku masih asing... makasih sob buat informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga biasa pake windows sob,... :)

      Delete
  6. Makasih lah tapi kejauhan buat saya:D

    ReplyDelete