Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Perbedaan Blogwalking dan Search Engine

Pengertian Blogwalking dan Search Engine

Pengertian Blogwalking dapat diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu jalan-jalan atau saling mengunjungi blog satu dengan blog lain yang biasanya dilakukan oleh blogger untuk meninggalkan link dengan cara memberikan komentar di blog yang dikunjungi. Jadi dari pengertian tersebut dapat disimpulan, bahwa tujuan utama dari blogwalking itu sendiri adalah mengharap agar dapat dikunjungi balik dari si pemilik blog tersebut supaya mengunjungi juga blog kita.


Dengan demikian jumlah trafik/pengunjung yang berkunjung ke situs kita akan bertambah dengan banyak. Pengertian Search Engine / Mesin Pencari, seperti halnya yang kita ketahui bahwa internet adalah pusatnya gudang informasi selain dari buku bacaan, dimulai dari hal paling kecil sampai ke hal yang diluar pikiran kita semuanya pasti ada di internet. Jadi ini tinggal dari faktor manusianya agar bagaimana caranya untuk dapat memanfaatkannya.

Di antara berbagai jutaan bahkan milyaran informasi yang terdapat pada internet, tentu saja kita akan kesulitan dalam mencari informasi tertentu yang spesifik. Sebagaimana telah diketahui bahwa mesin pencari (Search Engine) sangatlah berperan dalam mencari berbagai informasi yang kita dibutuhkan denga hanya memasukkan tema yang akan kita cari. Jadi Search Engine adalah sebuah mesin pintar di internet yang mempunyai fungsi untuk mencari berbagai informasi di internet sesuai dengan kata kunci/keyword tertentu. Ada banyak sekali situs yang berfungsi sebagai search engine/mesin pencari seperti :
  1. www.google.com
  2. www.yahoo.com
  3. www.bing.com
  4. www.altavista.com
  5. www.incari.com
  6. www.hotbot.com
  7. www.catcha.co.id
  8. www.excite.com
  9. dan lain-lain

Blogwalking dan Search Engine

Di dalam pembahasan ini kita sering menemukan ada banyak orang yang masih juga mempertahankan tradisi blogwalking sampai kemungkinan ada banyak terdapat orang yang hanya meluangkan waktunya untuk sekedar menaruh komentar yang intinya agar bisa menaruh link situs mereka di buku tamu atau kotak komentar suatu situs lain. Bisa di bayangkan oleh kita sendiri seberapa sibuknya orang seperti itu sampai ada waktu untuk berlama-lama di blog orang lain.


 Mungkin kta akan bertanya-tannya, mengapa orang melakukan hal seperti itu? "sebab menurut saya sendiri waktu sangatlah berharga, jadi saya mungkin tidak ada waktu untuk aktifitas membaca sampai selesai artikel. Sebab masih ada banyak lagi bahkan kurang lebih 30juta situs di dunia yang ada di dunia internet".

Dalam kasus berikutnya ini kita sering menemukan beberapa orang yang tidak suka dengan melakukan aktifitas blogwalking, namun saat berkunjung ke blog lain jika artikel itu menarik pastilah akan dibaca sampai selesai. Namun tidak selalu orang tersebut juga meninggalkan komentar di bawah postingan kita. baginya sudahlah cukup dan puas mendapat wawasan baru dai apa yang dia baca di suatu artikel yang menarik itu.


Namun hal yang perlu di catat, biasanya orang jenis ini bila ingin menuangkan komentar tidak setengah-setengah dalam mengomentari, bila marah, akan marah sekalian, bila kagum dia pun akan menyampaikannya dengan bahasa yang luar biasa, dan apabila mengkritik dia pun tidak akan segan-segan dalam mengkritik. Orang inilah yang disebut pengunjung berkualitas. Tapi bukan berarti pengunjung yang lain tidaklah berkualitas, menurut saya sendiri semuanya sama berkualitas namun ada kadar tertentu.

Pada kasus yang ini, mungkin kebalikan dari kasus yang pertama di atas, jika yang pertama adalah orang yang senang dengan aktifitas blogwalking. Tapi disini adalah kebalikannya, orang yang pasif atau orang yang jarang sekali blogwalking. Sebagian besar waktu onlinenya dihabiskan untuk posting artikel, menyusun template dan SEO, tittle, dan meta, berburu keyword dll.


Dan mungkin ini adalah orang yang mengoptimalkan blog nya dengan sebaik mungkin supaya dapat menjaring banyak pengunjung dari search engine atau mesin pencari. Perilaku orang jenis ini biasanya akan cenderung pasif dan selalu sibuk dengan urusannya sendiri, namun di balik kepasifannya itu dia akan memberikan citra yang cerdas, keren dan misterius.

Jika Anda hanya terpaku dengan mengandalkan blogwalking saja, apalagi blogwalking tersebut hanya seberapa kadarnya dan menurut waktu kita untuk meluangkan member komentar ke blog-blog lain, dan janganlah berharap akan mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog yang anda kunjungi, pemilik blog lain pun mungkin akan pilih-pilih yang manakah blog yang akan Dia kunjungi. Blogwalking mungkin hanya mengharapkan linkback dari pengunjung lain biasanya akan percuma saja kecuali anda berkunjung kesebuah blog yang menganut tema blog yang sama dengan Anda.

Dan jika Anda hanya mengandalkan optimasi seo+search engine saja mungkin hasilnya akan maksimal dan traffic blog akan cepat melonjak tetapi jaringan relasi dan pergaulan dunia maya anda tidak akan luas.
Keduanya mempunyai efek karakter dan manfaat tersendiri terhadap pengaruh pada peringkat Anda di mesin pencari dan alexa rank, hal ini agar kita berpikir pada diri kita sendiri akan bagaimana yang terbaik, yaitu bagaimana kita bisa membagi keduanya supaya seimbang sehingga hasil yang akan didapat maksimal dan memuaskan.

6 comments

  1. Bing bing bing blogwalking :)

    Artikel nya bagus banget kang ,, nice post .. nambah lagi deh ilmu nya hhe .. makasih ya :)
    maju terus buat blog ini :)

    salam kenal yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kang,..
      Alhmdllh bisa bermanfaat bagi semua... :)

      Delete
  2. Untuk saya yang masih awal dalam dunia blog dan website dan baru sedikit mengerti tentang blog walking, blog, website. saya akui sih, saya membuat web hanya terfokus masalah Seo saja, kadang sampe pusing tujuh keliling. Dan namanya pergaulan didunia website, blog, dunia inet sangat bisa dihitung jari. Mudah-mudahan dengan artikel ini, bisa membuat saya berfikir lebih luas dan belajar lebih banyak lagi tentang dunia blog, website dan lain-lain.. Terimakasih gan untuk artikelnya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti saya juga gan,.awal sekali belajar di dunia internet juga pusing...
      tp sedikit demi sedikit untuk hasil yang lebih maksimal.... (h)

      Delete
    2. Bener gan, harus berusaha dan terus mencoba. Ijin acak2 blognya gan (*Baca post yang laen). Buat nambah ilmu pengetahuan ane gan...

      Delete
    3. Ok silahkan gan,..semoga dapat bermanfaat.... :)

      Delete