Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Fungsi Random Access Memory - RAM Komputer

Random Access Memory - RAM

Ketika Anda membeli komputer PC baru, mungkin Anda telah memperhatikan bahwa salah satu fitur / spesifikasi termasuk sesuatu yang penting dalam komputer yaitu RAM - Random Access Memory. Bagi seseorang yang tidak akrab dengan dunia cara kerja internal komputer - PC, RAM adalah sebuah istilah yang sangat asing. Sebenarnya RAM adalah singkatan untuk "Random Access Memory" dan sangat penting untuk pengoperasian komputer PC Anda.


PC komputer RAM, juga dikenal sebagai memori volatile yang digunakan oleh komputer PC Anda untuk menyimpan informasi yang akan diproses oleh CPU, atau central processing unit. Memori akses acak di komputer PC Anda menyimpan informasi dalam sel memori diatur dalam kotak. Grid ini dapat dibandingkan dengan spreadsheet di mana semua data disimpan. Prosesor PC Komputer Anda mengakses data secara acak yang diperlukan untuk melaksanakan proses yang diperlukan oleh perangkat lunak yang dijalankan pada sistem Anda.

Kadang-kadang, orang bingung hard drive mereka dengan RAM. Pada artikel saya sebelumnya tentang hard drive komputer , Hard drive hanyalah sebuah sistem penyimpanan untuk data pada komputer PC Anda dan perangkat lunak yang Anda jalankan serta dokumen dan file yang Anda simpan. Informasi pada hard drive Anda tidak dapat diakses secara acak. Ketika informasi dari hard drive perlu diakses, blok seluruh data yang ditransfer ke RAM. Setelah informasi tersebut dalam RAM komputer PC, itu diakses secara acak yang diperlukan oleh prosesor.


Fungsi RAM Komputer

RAM singkatan dari Random Access Memory Ini mempunyai fungsi untuk penyimpanan sementara untuk data. Misalnya, ketika Anda membuka Microsoft Word (atau program apapun), itu masuk ke RAM karena CPU Anda bisa mendapatkannya jauh lebih cepat dari RAM, daripada jika mencoba untuk mendapatkannya dari hard drive Anda. Namun, RAM dinamis yang berarti jika daya terputus maka setiap data yang ada di RAM akan hilang. Katakanlah Anda sedang mengetik surat, setiap kali anda menekan keyboard bahwa data yang dimasukkan ke dalam RAM komputer sampai dapat ditransfer ke hard drive Anda. Jika listrik padam maka apa yang ada di RAM saat Anda mengetik akan hilang.

Setiap kali Anda mematikan komputer PC, semua informasi yang ada di random access memory dihapus. Jadi RAM komputer PC Anda hanya seperti sistem penyimpanan sementara yang bekerja sama dengan prosesor komputer PC Anda untuk melakukan fungsi yang diminta oleh perangkat lunak pada komputer PC. Semakin banyak program yang dijalankan oleh PC, RAM semakin membutuhkan banyak memory untuk operasi, dan komputer Anda otomatis akan menjadi lambat dalam beroperasi saat menjalankan program itu.

Namun, Anda dapat memastikan bahwa RAM komputer Anda bekerja pada potensi penuh dengan mengambil peran untuk melakukan tugas pemeliharaan terhadap PC Anda. Salah satu tugas adalah untuk secara teratur mengosongkan recycle bin. Anda juga harus menghapus atau menghapus program dan file yang Anda tidak perlu.

Hal ini juga berguna untuk defragment komputer PC Anda setiap begitu sering. Ini adalah prosedur sederhana yang dapat dijalankan dengan mudah. Hanya pergi ke menu 'Start', klik 'All Programs', pilih 'Accessories', kemudian 'System Tools', dan 'Disk Defragmenter'. Dan Anda siap - memungkinkan program untuk berjalan sampai selesai.

Jenis-jenis RAM

  • DRAM - Dynamic RAM
Dynamic random access memory (DRAM) adalah jenis yang paling umum random access memory (RAM) untuk komputer pribadi dan workstation. Memori adalah jaringan bermuatan listrik poin di mana komputer menyimpan data yang cepat diakses dalam bentuk 0s dan 1s. Akses random berarti bahwa prosesor PC dapat mengakses setiap bagian dari memori atau ruang penyimpanan data secara langsung daripada harus melanjutkan berurutan dari beberapa tempat awal.

DRAM adalah dinamis dalam hal itu, tidak seperti RAM statis (SRAM), perlu memiliki sel-sel penyimpanan segar atau diberi muatan listrik baru setiap beberapa milidetik. RAM statis tidak perlu menyegarkan karena beroperasi pada prinsip arus bergerak yang diaktifkan dalam salah satu dari dua arah daripada sel penyimpanan yang memegang muatan di tempat. RAM statis umumnya digunakan untuk memori cache, yang dapat diakses lebih cepat dari DRAM.
DRAM menyimpan setiap bit dalam sel penyimpanan terdiri dari sebuah kapasitor dan transistor. Kapasitor cenderung kehilangan muatan mereka agak cepat, dengan demikian, kebutuhan untuk pengisian. Berbagai antarmuka RAM lainnya ke komputer yang ada, seperti EDO RAM dan SDRAM.
  • RDRAM - Rambus DRAM
Jika Anda menggunakan RDRAM, pastikan bahwa soket memori semua saluran dipenuhi dengan baik chip memori atau modul kontinuitas. RDRAM sering harus dipasang di pasang dari jenis yang sama dari chip memori. Perangkat RDRAM dapat dikonfigurasi menjadi satu-, dual-atau quad-channel RIMM modul. Untuk dual-channel atau quad-channel (4-channel) RDRAM chipset dan motherboard, memori upgrade modul harus di pasang cocok. Misalnya, untuk menambah 512 MByte memori ke dalam sistem ganda atau 4-channel, dua cocok 256 MByte modul harus dimasukkan. Modul RIMM 32-bit, seperti RIMM 4200,, 4800, dan 6400 modul, dapat ditingkatkan secara tunggal pada sistem dual channel.
Q: DIMM (Dual Inline Memory Module) atau RIMM (Rambus Inline Memory Module)?
J: RIMM adalah nama merek dagang untuk sebuah modul memori Direct Rambus.
RDRAM hanya tersedia dalam paket RIMM (seperti 184-pin RIMMs).
RIMMs terlihat mirip dengan DIMM, namun memiliki jumlah pin yang berbeda. (Biasanya DIMM 168-pin, sedangkan RIMMs adalah 184-pin.) Transfer data RIMMs dalam 16-bit potongan.
Contoh kecepatan RDRAM termasuk PC 800 (PC-800 atau PC800) dan PC 1066 (PC-1006 atau PC1066).
  • SDRAM - Synchronous DRAM (SDRAM JEDEC)
SDRAM (synchronous DRAM) adalah nama generik untuk berbagai jenis dynamic random access memory (DRAM) yang disinkronkan dengan clock speed yang mikroprosesor dioptimalkan untuk. Hal ini cenderung untuk meningkatkan jumlah instruksi yang prosesor dapat melakukan dalam waktu yang ditentukan. Kecepatan SDRAM berperingkat dalam MHz bukan di nanodetik (ns).

Hal ini membuat lebih mudah untuk membandingkan kecepatan bus dan kecepatan chip RAM. Anda dapat mengubah kecepatan clock RAM untuk nanodetik dengan membagi kecepatan chip ke 1 miliar ns (yang merupakan satu detik). Sebagai contoh, suatu 83 MHz RAM akan setara dengan 12 ns.
Contoh: PC-133 SDRAM CL2 = 133MHz (SDRAM, PC133 • CL = 2 • Unbuffered • Non-paritas • • 133MHz 3.3V)
  • DDR SDRAM - Double Data Rate SDRAM
DDR SDRAM adalah sinkron RAM dinamis (SDRAM) yang secara teoritis dapat meningkatkan kecepatan memori clock untuk setidaknya 200 MHz *. Ini akan mengaktifkan output pada kedua tepi naik dan turunnya jam sistem bukan hanya pada sisi kenaikan, berpotensi dua kali lipat output. Itu diharapkan bahwa sejumlah Socket 7 pembuat chipset akan mendukung bentuk SDRAM.
Ketika dirilis DDR SDRAM memori adalah sekitar dua kali lebih mahal sebagai memori SDRAM konvensional.

* Kecepatan DRAM Synchronous diukur dalam MHz daripada nanodetik (ns). Anda dapat mengubah kecepatan clock RAM untuk nanodetik dengan membagi kecepatan chip ke 1 miliar ns (yang merupakan satu detik). Sebagai contoh, suatu 83 MHz RAM akan setara dengan 12 ns.
contoh:
PC-4000 = DDR-500
PC-3200 = DDR-400
PC-2700 = DDR-333 (DDR333) *
PC-2100 = DDR-266 (DDR266)
PC133
PC100 = PC-100 DDR RAM kadang-kadang disebut PC-1600 SDRAM karena bandwidth data (kapasitas transfer) dari 1.6GB per detik.
* datang dalam 184-pin DIMM dan 200-pin SODIMM format
Comments
7 Comments

7 comments

  1. Ternyata banyak jg yah isinya PC, yg awalnya sy dak paham skrg rada2 mudeng. :)) tapi ndak 100% mudengnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Indah P,..semoga artikel saya ini dapat bermanfaat bagi semua juga,.. :)

      Delete
  2. jd inget pelajaran waktu pertama kuliah sob..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuhhh,..jadi malah membuat memory masa lalu niy.. :D

      Delete
  3. pagi pagi dah dapat ilmu baru nich mengenai RAM,,,,hmm RAM dengan memori itu sama yaa sob ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang termasuk jenis memory yang ada di komputer sob....

      Delete
  4. Memori menjadi penting karena semua kinerja dan proses pemanggilan program memory lah yang mengerjakannya.

    ReplyDelete