Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Cara Kerja Hard Drive Komputer


Sebuah hard drive komputer, juga dikenal sebagai drive hard disk atau HDD, adalah bagian mendasar dari komputer modern. Hard drive di mana semua program dan file komputer yang disimpan, sehingga jika drive rusak karena alasan tertentu tanpa memback up, Anda akan kehilangan semuanya di komputer Anda.

Sebuah hard drive menggunakan teknologi memori penyimpanan mirip dengan kaset dan kaset video. Anda mungkin sudah tahu bahwa informasi kaset menyimpan dapat menyimpan dengan lama, strip tipis tape dengan bahan magnetik halus di permukaannya. Demikian juga, hard drive mengandung bulat, seperti cermin piring-piring yang ditutupi dengan media perekaman magnetik yang sama.


Hard Drive Komputer

Piring-piring di dalam hard disk drive biasanya terbuat dari kaca atau aluminium. Ini adalah bahan magnetik dipoles di permukaan yang membuat piring tampak mengkilap, seperti cermin. Sebuah permukaan, bersih dipoles sangat penting untuk berfungsinya hard drive - bahkan spec terkecil dari debu dapat menyebabkan kerusakan dapat diperbaiki. Sama seperti di dalam otak manusia, kaset player atau pemutar VHS membaca data pada tape, kepala dalam hard disk Anda membaca dan menulis data ke piring-piring. Kepala ini terletak pada lengan yang terpasang di sebelah platters, sehingga bisa pivot bolak-balik di atas mereka.


Hard disk modern rata-rata memiliki beberapa piringan yang ada di dalamnya, ditumpuk satu di atas yang lain, seperti kue Oreo. Ada celah kecil antara masing-masing piring, yang memungkinkan setiap kepala piring untuk melewati itu. Para kepala semua di lengan yang sama, yang memiliki cabang terpisah untuk setiap kepala, agak mirip dengan tines dari garpu berbalik pada sisinya..

Ketika Anda menghidupkan komputer Anda, piring-piring itu segera mulai berputar. Piring-piring di sebuah drive komputer desktop hard disk yang biasanya mendapatkan hingga sekitar7.200 rotasi per menit (rpm), sementara hard drive di komputer laptop biasanya dijalankan pada 5.400 rpm. Anda mungkin dapat mendengar dengung hard drive Anda ketika kipas tidak berjalan.

Ketika komputer Anda aktif namun Anda tidak mengambil atau menulis sesuatu untuk memori, piring-piring di hard disk selalu berputar. Lengan dengan kepala di atasnya, bagaimanapun, hanya mulai bergerak saat Anda menjalankan program atau membuka, menyimpan, atau menghapus file. Lengan ini dapat bergerak bolak-balik melintasi permukaan piring sebanyak 50 kali dalam satu detik, menyebabkan ia muncul sebagai blur jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk menonton.


Karena segala sesuatu di hard disk bergerak begitu cepat, kepala tidak pernah benar-benar menyentuh piring-piring, bukan skimming hanya nyaris di atas mereka, didukung oleh sebuah bantalan udara yang bergerak yang dihasilkan oleh berputar piring-piring '.

Gerak cepat dari piring-piring dan kepala di dalam hard disk Anda membuatnya rentan terhadap "kecelakaan kepala," yang merupakan tempat kecelakaan kepala ke dalam piring-piring.Beberapa hal yang berbeda dapat menyebabkan kecelakaan kepala. Jika debu masuk ke hard drive anda dan menempel di piring-piring, itu benar-benar dapat menyebabkan lengan untuk bangkit sebagai disk beroperasi. Media perekaman magnetik sangat rapuh, dan sering rusak ketika menabrak kepala piring-piring.

Orang yang menggunakan laptop juga harus sangat berhati-hati, sebagai bergerak laptop Anda tiba-tiba dapat menyebabkan kecelakaan kepala. Setiap kali Anda memindahkan laptop Anda bila aktif, Anda harus mengambilnya dan meletakkannya dengan sangat lembut. Jika tidak, akhirnya hard disk Anda mungkin berhenti bekerja sama sekali.

Cara Kerja pada Hard Drive

Data yang dikirim dari dan ke hard drive ditafsirkan oleh disk controller, cara kerja hard drive yaitu apa yang harus dilakukan dan bagaimana untuk memindahkan komponen dalam drive. Ketika sistem operasi membutuhkan untuk membaca atau menulis informasi, mengkaji drive File Allocation Table (FAT) untuk menentukan lokasi file dan daerah yang tersedia. Setelah ini telah ditentukan, disk controller memerintahkan aktuator untuk memindahkan membaca / menulis lengan dan menyelaraskan membaca / menulis kepala. Karena file sering tersebar di seluruh piring, kepala sering akan perlu untuk pindah ke lokasi yang berbeda untuk mengakses semua informasi.


Semua informasi yang tersimpan di hard drive tradisional, seperti contoh di atas, dilakukan magnetis. Setelah menyelesaikan langkah di atas, jika komputer perlu membaca informasi dari hard drive akan membaca polaritas magnetik pada platter. Satu sisi dari polaritas magnetik adalah 0 dan yang lainnya adalah 1, membaca ini sebagai data biner komputer dapat memahami apa yang ada data di piring. Untuk komputer menulis informasi ke piring, membaca / menulis kepala meluruskan polaritas magnetik, menulis 0 dan 1 ini yang dapat dibaca nanti.

Eksternal dan internal hard drive

Meskipun hard drive kebanyakan hard drive internal , banyak pengguna juga menggunakan hard drive eksternal untuk backup data pada komputer mereka dan untuk memperluas jumlah total ruang yang tersedia bagi mereka. Drive eksternal sering disimpan dalam sebuah wadah yang membantu melindungi drive dan memungkinkan untuk antarmuka dengan komputer, biasanya melalui USB atau eSATA. Sebuah contoh bagus dari sebuah perangkat eksternal cadangan yang mendukung beberapa hard drive adalah Drobo tersebut.


Hard drive eksternal datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.Beberapa besar, seukuran buku, sementara yang lain tentang ukuran ponsel. Hard drive eksternal dapat sangat berguna untuk membuat cadangan data penting dan mengambil dengan Anda di mana saja. Mereka bisa menyimpan banyak informasi, termasuk musik dan film.
Comments
8 Comments

8 comments

  1. Saya mau komen apa nih, sy ndak paham ginian. Sy taunya pakai komputer,klw pas ngadat tinggal nyuruh kakak beresin. Tp setelah saya baca masalah Hardisk saya baru tau cara kerja sebuah hardisk.
    lalu kalau seperti Flashdisk apa sama dengan hardisk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus belajar benerin juga donx mba,..hehe

      mandan beda lho,..klo harddisk kn pke piringan2 memory n flashdisk g... :)

      Delete
    2. Klw hardisk rusak apa masih bisa diperbaiki ?

      Delete
    3. tergantung kerusakan mba,..klo pengalaman saya pernah harddisk komputer dt4 kerja rusak dan g bisa kebaca komputer cm di backup memorynya ke harddisk yg baru...

      Delete
  2. HDD komputer saya pernah jebol karena keseringan maen game, kata reparasinya gak bisa dibenerin, trus beli baru deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin belum beruntung sob,..
      klo punya saya dlu msh bisa di backup,.hehe

      Delete
  3. Setahu saya jk hardisk rusak biisa diperbaiki,dan file2 yg tersimpan bbrp akan hilang. tp tergantung kerusakannya juga sih

    ReplyDelete