Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Berbagai Manfaat Dari Propolis

Pengertian Propolis

Propolis Madu adalah zat lengket yang dibuat oleh lebah dari pohon barks, dan dari sekresi saliva mereka sendiri. Propolis digunakan oleh lebah untuk memperbaiki kerusakan pada sarang mereka, dan untuk membantu menutup sarang dari penjajah atau pemangsa. Hal memiliki sejarah panjang penggunaan obat di Eropa, namun relatif baru di Amerika Serikat.


Hal ini ditemukan secara alami dalam madu, dan tersedia dalam bentuk tablet, bubuk dan dalam bentuk ekstrak. Menurut Vitaminstuff.com, penelitian mengutip manfaat propolis telah mendorong penelitian sedang berlangsung dan tidak meyakinkan. Karena alergi terhadap produk lebah terkait ada, harus menghubungi dokter sebelum mengambil atau menggunakan propolis dalam bentuk apapun.

Berbagai Manfaat Propolis

Propolis memang terdapat banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat sehari- hari, dan berikut berbagai manfaat propolis :

Pengobatan Infeksi
Menurut Medline Plus, hewan dan laboratorium penelitian menunjukkan bahwa propolis mungkin berguna dalam mengobati berbagai jenis infeksi. Vitaminstuff.com melaporkan bahwa studi klinis menunjukkan bahwa propolis memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi Staph. Hasil penelitian yang diterbitkan pada the Directory Of Open Access Journals , menunjukkan bahwa propolis dikumpulkan dari dua wilayah di Brazil dan menghambat pertumbuhan bakteri salmonella.


Menurut Medline Plus, propolis telah menjanjikan dalam mengobati infeksi saluran kemih dan infeksi giardia, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Propolis membantu untuk membunuh bakteri di mulut, sehingga mungkin berguna dalam mencegah infeksi mulut. Karena manfaat ini, dapat dimungkinkan untuk mendapatkan obat kumur yang mengandung hingga 10 persen ekstrak propolis.

Anti-inflamasi dan Penyembuhan Luka
Hasil penelitian yang diterbitkan dalam PubMed.gov, menyimpulkan bahwa propolis mempercepat penyembuhan ulkus diabetes pada tikus. Propolis kaya bioflavenoids, yang telah terbukti sifat anti inflamasi. Menurut Medline Plus, propolis bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk peradangan vagina, penelitian namun lebih perlu dilakukan.

Penelitian dengan binatang telah menunjukkan bahwa propolis mungkin efektif pada penyembuhan luka setelah pencabutan gigi lisan. Kegunaan lain lisan kemungkinan propolis akan menurunkan frekuensi sariawan. Sekali lagi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Antivirus
Medline melaporkan bahwa studi tentang manusia, meskipun dirancang dengan buruk, telah menunjukkan bahwa propolis efektif dalam mengobati luka yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Studi lebih baik dirancang pada manusia yang memerlukan pengobatan lebih lanjut sebelum Propolis dapat dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk herpes. Sebagian bukti menunjukkan bahwa propolis efektif dapat melawan virus yang menyebabkan flu biasa, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Mengobati Keracunan Makanan
Manfaat kesehatan dari propolis sekarang termasuk makanan pengobatan keracunan antara puluhan kondisi lain adalah efektif untuk mengobati. Tujuan dari penelitian terbaru adalah untuk menganalisis aktivitas antimikroba propolis terhadap kuman yang menyebabkan apa yang sering disebut sebagai 'keracunan makanan. " (16 Campylobacter jejuni)

Para ilmuwan menemukan bahwa propolis yang menghambat pertumbuhan C. jejuni, Enterobacter faecalis, dan Staphylococcus aureus, tiga kasus yang biasanya ditemukan dalam kasus-kasus keracunan makanan. Mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa persiapan propolis dapat digunakan sebagai pendukung terapi tradisional untuk infeksi, terutama ketika antibiotik tidak menunjukkan aktivitas melawan mikro-organisme. Ini adalah mengapa saya sekarang menyimpan botol tingtur propolis di tas saya setiap saat dan mengambil dosis setelah makan di tempat yang asing atau restoran.

Melindungi Terhadap Stres Panas & Meningkatkan Kinerja Tubuh
Salah satu alasan manfaat kesehatan dari propolis sangat luas adalah karena begitu penuh antioksidan. Dan sekarang penelitian telah menemukan betapa berguna antioksidan dalam propolis bisa untuk atlet. Senyawa ini mungkin dapat melindungi atlet dari overheating menurut sebuah artikel di Journal of Food Science.

Bahan aktif dalam propolis dikenal sebagai asam caffeic phenethyl ester, memiliki spektrum yang luas dari aktivitas biologis termasuk antioksidan, anti-inflamasi dan antivirus. Stres panas dianggap faktor utama yang mendasari awal kelelahan dan dehidrasi terlihat selama latihan berkepanjangan di panas. Peneliti memeriksa darah dari 30 pengendara sepeda kompetitif yang terlibat dalam pelatihan daya tahan selama dua hingga empat tahun sebelum penyelidikan. Tidak ada berpartisipasi dalam kompetisi atau pelatihan intensif atau punya penyakit klinis atau perawatan medis atau bedah empat bulan sebelum studi.