Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Gejala Penyakit Ginjal

Sistem kemih membersihkan darah dan rids tubuh kelebihan air dan limbah dalam bentuk urin. Saluran kemih terdiri dari dua ginjal, dua ureter (satu dari setiap ginjal), tabung yang mengalir air seni dari ginjal ke kandung kemih (kantung penyimpanan), dan uretra. Otot membantu mengontrol pelepasan urin dari kandung kemih.

Ginjal, sepasang organ berbentuk kacang, terletak di bagian bawah tulang rusuk di sisi kanan dan kiri belakang. Meskipun tubuh ini dilengkapi dengan dua ginjal, Anda dapat berfungsi dengan satu ginjal cukup sehat jika yang lain rusak atau dihapus. Ginjal menerima darah dari aorta, filter itu, dan mengirimkannya kembali ke jantung dengan keseimbangan yang tepat bahan kimia dan cairan untuk digunakan di seluruh tubuh. Urin diciptakan oleh ginjal akan dipindahkan keluar dari tubuh melalui saluran kemih.


Apa itu ginjal?

Ginjal mengontrol kuantitas dan kualitas cairan dalam tubuh. Mereka juga memproduksi hormon dan vitamin yang kegiatan sel langsung dalam banyak organ, sedangkan hormon renin, misalnya, membantu mengontrol tekanan darah. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, limbah produk dan cairan dapat membangun ke tingkat berbahaya, menciptakan situasi yang mengancam jiwa. Di antara zat penting ginjal membantu untuk mengontrol adalah natrium, kalium, klorida, bikarbonat (HCO3-), pH, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Penyakit Dan Kondisi Yang Mempengaruhi Ginjal

Di AS, penyakit ginjal adalah penyebab utama kematian kesembilan; diabetes dan hipertensi adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal kronis. Jika Anda memiliki diabetes atau hipertensi, Anda memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ginjal. (Untuk link ke informasi lebih lanjut, lihat Halaman Terkait, Di tempat lain di Web.) Setiap penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah, termasuk diabetes, hipertensi, dan aterosklerosis, dapat mengganggu kemampuan ginjal untuk menyaring darah dan mengatur cairan dalam tubuh.


Penyakit dan infeksi pada bagian lain dari tubuh juga bisa memicu gangguan ginjal. Karena kerusakan ginjal dapat mengancam jiwa, kelainan dan penyakit yang dapat mempengaruhi ginjal pantas perhatian prompt. Penyakit ginjal sering tidak menimbulkan gejala sampai larut dalam perjalanannya dan dapat menyebabkan stadium akhir gagal ginjal, yang fatal kecuali mesin dialisis digunakan atau transplantasi ginjal dilakukan. Ada lebih dari 100 gangguan, penyakit, dan kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan progresif dari ginjal. Beberapa masalah yang lebih umum dijelaskan di sini. Tanda-tanda peringatan yang tidak boleh diabaikan juga tercantum.

Tanda-Tanda Dan Gejala Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sering berlangsung diam-diam selama bertahun-tahun, tanpa tanda atau gejala pasien dapat mengenali atau dengan tanda-tanda yang terlalu umum bagi pasien untuk mencurigai masalah ginjal. Untuk itu, tes darah rutin dan urin sangat penting, mereka mendeteksi darah atau protein dalam urin dan kadar kimia normal dalam darah, seperti kreatinin dan darah urea nitrogen (BUN), tanda-tanda awal gangguan ginjal dan kegagalan.

Masalah berikut dapat menjadi peringatan tanda-tanda penyakit ginjal dan tidak boleh diabaikan. Perhatian medis yang segera diperlukan bila salah satu kondisi di bawah ini terlihat :
1. Pembengkakan atau bengkak, terutama di sekitar mata atau di pergelangan tangan wajah,
2. perut, paha atau pergelangan kaki
3. Urine yang berbusa, berdarah, atau kopi berwarna
4. Penurunan jumlah urin
5 .Masalah buang air kecil, seperti rasa seperti terbakar atau keluar cairan abnormal selama buang air kecil, atau perubahan frekuensi buang air kecil, terutama pada malam hari
6. Pertengahan nyeri punggung (sayap), di bawah tulang rusuk, dekat dimana ginjal berada
7. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Apabila semakin memburuk gejala penyakit ginjal, sebagi berikut :
  • Buang air kecil lebih sering atau kurang
  • Merasa gatal
  • Kelelahan, kehilangan konsentrasi
  • Kehilangan nafsu makan, mual dan / atau muntah
  • Pembengkakan dan / atau mati rasa di tangan dan kaki
  • Kulit gelap
  • kejang otot

0 comments

Post a Comment