Berisi informasi tentang kesehatan, kehidupan sehari-hari, adventure, wisata, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo

Cara Mengatasi Insomnia

Gangguan Insomnia

Jika Anda menderita insomnia dan tidak mendapatkan tidur yang cukup karena pengaruh gangguan insomnia ini. Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan serta apa yang harus dihindari untuk mengatasi insomnia.
Ketidakmampuan untuk tidur adalah gangguan yang dikenal sebagai insomnia. Gangguan insomnia menurut laporan dari The American Academy of Sleep Medicine (AASM), sekitar 30% penduduk berjuang dengan insomnia pada tingkat tertentu. Satu dari sepuluh orang dewasa menderita insomnia ke titik gangguan yang menghambat rutinitas siang hari mereka.

Insomnia mempengaruhi kesehatan baik muda dan tua. Sementara remaja dan mahasiswa mungkin berulang kali menghadapinya, begitu juga orang tua. Yang sering bepergian, serta pekerja shift juga berisiko tinggi. Hamil, serta wanita menopause, sering mengalami gangguan insomnia.

 

 

Cara Mengatasi Insomnia


  • Latihan
Banyak orang dengan gangguan tidur terlalu banyak bergerak di siang hari. Mereka mungkin pekerjaan duduk di komputer atau pensiunan dan menonton televisi terlalu banyak. Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, mulailah perlahan membiasakan olahraga. Hanya 15 menit sehari bisa membuat perbedaan dalam mendapatkan tidur. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya beberapa menit latihan, sekitar 30 menit sebelum tidur, karena hal ini memungkinkan tubuh Anda kecapean dan akan mengantuk.

  • Minum susu hangat atau teh herbal-Sesaat sebelum tidur
Kalsium dalam susu baik untuk menenangkan saraf lelah, membantu Anda bersantai. Teh herbal juga membantu, jika Anda tidak suka susu. Pastikan itu teh herbal dan teh hitam yang tidak mengandung kafein.

  • Nikmati cemilan
Pilih makanan kecil berprotein rendah dan karbohidrat tinggi, makanan ringan sekitar satu jam sebelum tidur. Pilih makanan seperti telur, keju cottage, ayam, kalkun, dan kacang mede (yang mengandung L-trypothan, asam amino yang bermanfaat kondusif untuk tidur.)

  • Menetapkan waktu tidur yang teratur
Tubuh Anda menyukai konsistensi, jadi pergi ke tempat tidur pada saat yang sama. Juga, pastikan untuk memiliki makanan dan makan pada waktu yang teratur. Mudah-mudahan, tubuh Anda akan lebih bugar dengan rutinitas dan membuat perbedaan dalam mengatasi insomnia. Ketika memilih waktu tidur yang teratur, memilihlah waktu yang wajar antara jam 9-10 malam.

  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
Terlalu sering orang menderita insomnia karena mereka tidur di samping laptop mereka, ponsel, dan pager. Jauhkan jam alarm Anda agar tidak terlihat sehingga Anda tidak bisa menatap pada waktu itu, dan berpikir, "aku masih belum tidur!" Ini hanya akan menambah kecemasan tidur Anda. Pastikan kasur yang empuk dan nyaman.



Yang Perlu Dihindari

  1. Kafein, alkohol dan tembakau - selain kopi, minuman lain yang tidak mengandung kafein (seperti soda, minuman coklat, dan teh hitam). Jika Anda berpikir segelas anggur membuat Anda mengantuk, menyadari bahwa hal itu dapat menimbulkan masalah tidur, mencegah Anda mendapatkan tidur yang terganggu.
  2. Hindari tidur siang yang panjang atau sering - jika Anda tidur siang sering sepanjang hari, kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Namun, tidak apa-apa untuk mengambil tidur siang sebentar.
  3. Melihat TV berlebihan - menonton TV terlalu sering pada malam hari dapat menambah insomnia. Jangan biarkan sulit tidur ini terus melanda, karena tidak hanya merampas tidur nyenyak Anda, tetapi juga dapat berubah menjadi masalah medis serius.

4 comments

  1. bukannya camilan malah mengganggu kondisi tubuh untuk bisa tertidur..malah jadinya tetap terjaga...btw-nice share tips :)

    ReplyDelete
  2. ga juga si,..klo saya cemilan kan jadi wareg/kenyang jadinya bisa tidur,..hehe :)
    sama2 sob,.. :D

    ReplyDelete
  3. kunjungan malam kang... makasih infonnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang,..terima kasih kunjungannya :)

      Delete