Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Sistem Pendidikan Di Malaysia

Education System In Malaysia – Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan Malaysia meliputi awal pendidikan dari pra-sekolah sampai universitas. Pendidikan pra-tersier (pra-sekolah sampai pendidikan menengah) berada di bawah  the jurisdiction of the Ministry of Education (MOE) sementara tersier atau pendidikan tinggi merupakan tanggung jawab the Ministry of Higher Education (MOHE). Visi dari Pemerintah Malaysia adalah untuk membuat Malaysia menjadi pusat keunggulan pendidikan. Malaysia tidak seperti Finlandia dan Denmark, belum untuk menjadi sebuah negara berpenghasilan tinggi untuk membiayai pendidikan yang lebih tinggi secara gratis bagi warganya. Dan untuk Indonesia sendiri pemerintah Indonesia juga sudah mengupayakan pendidikan gratis dengan adanya program BOS. Berdasarkan pendapatan per kapita, Malaysia berada di RM25, 000, dibandingkan dengan Finlandia di RM138, 000 dan Denmark, di RM176, 000. Pendapatan tinggi yang diperoleh oleh kedua negara Finlandia dan Denmark memungkinkan bagi mereka untuk memberikan pendidikan tinggi gratis.

Dari jumlah siswa pada lembaga-lembaga dari pembelajaran yang lebih tinggi di Finlandia dan Denmark juga kecil, sekitar 169.000 dan 241,000, masing-masing, dibandingkan dengan jumlah siswa di Malaysia, sebesar 1,1 juta. Tarif pajak di Finlandia juga tinggi, sebesar 6,5 menjadi 30 persen, dan Denmark, di 36,57-55,4 persen, sementara di Malaysia, tarif pajak adalah 0-26 persen.

Pusat Pendidikan Internasional

Malaysia memulai banyak pendekatan untuk bersaing dengan dunia yang terus berubah dan kebutuhan saat ini yang akan menghasilkan pembangunan yang terstruktur dengan baik dengan adanya pendidikan tinggi. Pemerintah juga jelas diuraikan menyodorkan strategis dalam The National Higher Education Strategic Plan untuk membuat Malaysia sebagai pusat pendidikan Internasional yang unggulan pada tahun 2020. Penyelenggara pendidikan publik dan swasta di Malaysia memainkan peran yang sama penting dalam penyediaan pendidikan tinggi. Bersama-sama, sektor publik dan swasta menyediakan pilihan studi berlimpah. Lembaga pendidikan tinggi menawarkan program yang mengarah pada pemberian sertifikat, diploma serta kualifikasi pascasarjana.

Malaysian Qualifications Agency (MQA) merupakan jaminan bahwa sektor pendidikan publik dan swasta bekerja tangan-di-tangan untuk menjadikan Malaysia sebagai pusat keunggulan pendidikan di wilayah tersebut, memberikan pendidikan berkualitas untuk semua.

Pendidikan Dasar
Pendidikan SD adalah wajib di Malaysia, di mana sekolah umum multibahasa, sekolah swasta dan pendidik rumah saling berdampingan. Mengikuti pendidikan prasekolah diatur anak memasuki sekolah dasar pada usia 7 untuk jangka waktu 6 tahun. Setelah sekolah dalam bahasa komunitas pilihan mereka, mereka harus duduk untuk tes prestasi sekolah dasar mereka agar memenuhi syarat untuk studi lebih lanjut.

Pendidikan Menengah
Tidak ada masa sekolah menengah diidentifikasi meskipun pendidikan menengah dibagi menjadi 2 tahap. Setelah 3 tahun pertama siswa pendidikan umum menulis untuk sertifikat mereka pendidikan yang lebih rendah. Setelah itu mereka masuk baik seni atau aliran ilmu sesuai dengan pilihan pribadi dan nasihat guru selama 2 tahun. Setelah dalam aliran meskipun peluang beralih terbatas. Setelah periode terakhir ini, mereka dapat menyelesaikan bentuk pendidikan 6th, atau belajar selama 2 tahun untuk pembebasan matrikulasi.

Pendidikan Kejuruan
Departemen pengembangan keterampilan mengawasi pembentukan dan operasi dari semua lembaga pelatihan publik dan swasta. Ini telah dikembangkan hampir 1.000 standar untuk sertifikat, diploma dan diploma dengan pelatihan lanjutan, dan bergulir lebih banyak di sekitar 20 bidang utama yang diidentifikasi.

Pendidikan tersier
Kontroversi terus mengelilingi pendidikan tinggi Malaysia disubsidi karena kuota ketat yang melindungi mayoritas ras. Beberapa kemajuan telah dibuat ke arah meritokrasi yang lebih besar meskipun, dan pada siswa kurang beruntung interim memiliki kesempatan untuk mendaftar di universitas cabang pribadi maupun asing. The University of Malaya, yang berevolusi dari the Federated Malay States Government Medical School didirikan pada tahun 1905 adalah yang tertua dan berfungsi sebagai perguruan tinggi di negara ini. Staf akademik melebihi 2.500 berbasis di 3 kampus.

4 comments

  1. jujur aja, kualitas pendidikan di Malaysia lebih bagus ketimbang indonesia...
    gk heran skrang malaysia lebih maju dripada indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. PR buat pemerintah buat memajukan pendidikan di Indonesia

      Delete
    2. kualitas yang bagaimana??? lihat dong mas, perlombaan internasional biologi, kimia, astronomi, matematika, dll... indonesia selalu dapat juara..... :) walaupun tanpa kita tutup - tutupin masih banyak juga daerah yang siswa belajar di sekolah (bangunan) yang tidak layak,,, malaysia itu kecil, penduduk nya juga di gabung 5 provinsi di indonesia ( jakarta, medan, surabaya, jawa barat dan jawa tengah) ...


      kalau saya pendidikan malaysia menang di bidang bahasa pengantar mereka adalah bahasa ingris,,, indonesia boro-boro bahasa ingris kadang aja di sekolah guru nya pakai bahasa daerah,, :)

      Delete
  2. wuih hebat banget kenapa di indonesia nggak ada seperti ini yupz !

    ReplyDelete