Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Pengertian Web Browser Internet

Pengertian Web Browser

Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk memungkinkan pengguna komputer untuk mencari dan mengakses halaman web dengan menggunakan layanan internet. Browser menerjemahkan HTML dasar (Hypertext Mark Up Language) yaitu kode yang memungkinkan kita untuk melihat gambar, video teks dan mendengarkan audio pada website dan bersama dengan hyperlink yang memungkinkan kita melakukan perjalanan ke halaman web yang berbeda. Browser mendapat kontak dengan web server dan permintaan informasi. Web server menerima informasi tersebut dan menampilkannya pada komputer. Terdapat browser yang berbeda untuk berbagai hal yang Anda lakukan di internet. Ada browser berbasis teks dan dengan browser berbasis teks hanya diperbolehkan untuk melihat teks dan materi grafis tidak ditampilkan.


Hyperlink diakses dengan mengetik melalui keyboard. Sebuah contoh dari browser berbasis teks LYNX. Ada browser grafis dan yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua jenis multimedia. Sementara browser internet terutama ditujukan untuk mengakses internet, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi pribadi pada server web atau melalui file sistem.
Ada beberapa jenis browser, tetapi satu hal yang mereka memiliki kesamaan adalah bahwa mereka melaksanakan fungsi yang sama, mereka mentransfer hypertext. Berikut adalah beberapa akrab browser web umum:
  • Mozilla FireFox
  • Google Chrome
  • Netscape Navigator
  • Microsoft Internet Explorer

Setiap browser memiliki toolbar yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai fungsi seperti:
  • Kembali ke halaman pertama saat mulai di internet yang disebut Home.
  • Bookmark situs Web favorit 
  • Mencetak konten yang ditemukan dan menarik pada halaman web
  • Memeriksa riwayat web, seperti situs web yang Anda kunjungi di masa lalu
  • Anda dapat pergi ke depan dan ke belakang untuk melihat situs sebelumnya untuk dilihat kembali.
Ada dua cara dasar yang Anda dapat menavigasi melalui browser:
  1. Anda dapat mengklik link pada halaman web yang berbeda. Link tersebut akan membawa Anda ke halaman web lain.
  2. Jika Anda tahu URL atau alamat website Anda dapat mengetik tulisan alamatnya dalam kotak browser pada bagian atas. Tidak perlu mengetikkan: http:// pada bagian alamat karena browser secara otomatis akan menempatkannya kemudian tekan enter.

Setelah tekan enter Anda harus menunggu halaman untuk memuat. Sementara itu loading akan melihat ikon browser. Biasanya kotak kecil akan muncul di bagian bawah dengan bar. Ini disebut status bar. Ketika semua bar diisi, Anda akan tahu bahwa halaman selesai pemuatan. Jadi setiap kali Anda klik atau link atau masukkan URL browser Anda akan meminta informasi dari server web. Jika browser Anda kembali ke halaman dengan pesan kesalahan alamat yang Anda mengetik bisa salah pada dan tidak dapat terhubung ke internet.


Halaman web dapat terlihat berbeda dalam berbagai jenis browser. Itu selalu penting untuk men-download versi terbaru dari browser Anda. Sebagian besar halaman web saat ini dirancang untuk dapat memperbaharui browser dengan versi terbaru. Dengan menjaga paling up-to-date versi browser web, Anda akan bisa mendapatkan yang terbaik dari web untuk segala sesuatu yang Anda butuhkan.



Memilih Browser Internet 


Sebagian besar pengguna web memerlukan browser internet yang bersifat cepat dan aman. Meskipun semua browser memungkinkan akses internet, tetapi tidak semua diciptakan secara sama. Browser yang berbeda dapat membuat halaman web yang berbeda, dan bisa ada perbedaan besar dalam kinerja antara pesaing atas. 


Tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih browser internet adalah kesederhanaan, kecepatan dan keamanan. Unggul dalam setiap bidang ini, Google Chrome, Firefox dan Internet Explorer adalah beberapa browser terbaik saat ini di internet. Berikut ini adalah kriteria yang  digunakan untuk mengevaluasi terbaik browser internet di pasaran.

  • Fitur Set - Sebuah browser web harus menyediakan secara praktis, fitur yang mudah digunakan yang membuat surfing web mudah dan cepat. Misalnya, browser harus menawarkan tabbed browsing, disesuaikan toolbar dan mesin pencari yang terintegrasi. Untuk pengalaman web yang lebih personal, browser juga harus menyediakan kemampuan untuk menyimpan bookmark, mengatur kontrol orangtua dan menciptakan RSS feed. Secara umum, semakin fitur browser internet menyediakan, semakin baik.
  • Keamanan - Sementara langkah-langkah keamanan online telah datang jauh sejak awal internet, web masih penuh dengan risiko keamanan, yaitu serangan skala kecil untuk hack data elektronik. Fitur keamanan seperti pengaturan privasi, pop-up blocker dan antispyware mengaktifkan keamanan dalam surfing di internet dan membantu menjaga informasi pribadi seperti password yang aman.
  • Kecepatan dan Kompatibilitas - Web browser harus memuat cepat dan kompatibel dengan semua sistem operasi utama. Kami menguji kecepatan masing-masing browser di lineup kami dengan menggunakan sistem Windows 7 dan stopwatch, waktu seberapa cepat masing-masing awalnya dimulai dan mampu menavigasi antara website. Sebuah browser internet atas akan memuat dan menavigasi antara halaman hanya dalam beberapa detik.
  • Kemudahan Penggunaan - Browser internet terbaik adalah mereka yang keseimbangan mulus antara fitur dan kemudahan penggunaan. Sementara fitur pada browser web yang penting, mereka menjadi tidak berharga jika antarmuka browser menghalangi kemampuan Anda untuk memanfaatkan mereka. Web browser yang memegahkan diri tata letak intuitif yang menumbuhkan navigasi yang mudah dan nyaman.
  • Bantuan dan Dukungan - Meskipun beberapa browser internet open source dan karena itu tidak dilengkapi dengan dukungan teknis yang berdedikasi, kami masih dianggap kualitas opsi dukungan yang tersedia. Ketika datang ke browser internet, dukungan yang tersedia dapat datang dalam berbagai bentuk, mulai dari FAQ untuk tutorial, dukungan email dengan manual produk.

Sementara semua browser internet akan menyediakan akses ke internet, memilih satu yang cepat dan aman akan memastikan keamanan dan menyenangkan saat online browsing.

0 comments

Post a Comment