Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Meningkatkan Kecepatan Kinerja Windows 7

Kinerja Pada Windows 7

Windows 7 terlihat dan terasa lebih baik daripada Windows versi sebelumnya dan kinerja lebih cepat, responsif, dan sangat dapat dikustomisasi. Namun demikian, semua itu masih mungkin untuk mengoptimalkan Windows 7 untuk mendapatkan kecepatan lebih baik lagi, kinerja pada windows 7, dan kegunaan. Pada kali ini akan dibahas tentang bagaimana meningkatkan kecepatan kinerja pada windows 7 walaupun sudah ada yang baru lagi yaitu windows 8, akan dibahas lagi pada waktu mendatang. Tidak peduli seberapa cepat komputer atau mengkilap dalam penampilannya mungkin ketika pada saat masih baru, itu semua setelah dipakai akan lebih lambat dari waktu ke waktu. Perlambatan mungkin terjadi secara bertahap sehingga Anda tidak menyadarinya, sampai suatu hari ketika akan mencoba untuk membuka program atau file akan terasa lebih lama.

Apapun penyebabnya, ada banyak cara agar dapat membantu mempercepat Windows dan membuat PC Anda akan lebih baik, bahkan tanpa upgrade perangkat keras dan install ulang Windows. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu dalam meningkatkan kecepatan kinerja pada Windows 7.

Tips Meningkatkan Kecepatan Kinerja Windows 7

Dengan performance troubleshooter

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba Performance troubleshooter, yang secara otomatis dapat menemukan dan memperbaiki masalah. Performance troubleshooter memeriksa masalah yang mungkin memperlambat kinerja komputer, seperti berapa banyak pengguna yang sedang login ke komputer dan apakah beberapa program yang berjalan pada waktu yang sama.

Buka Performance troubleshooter dengan mengklik tombol Start, kemudian klik Control Panel. Pada kotak pencarian, ketik troubleshooter, lalu klik Troubleshooting. Di bawah System and Security, klik Check for performance issues.


Hapus program yang tidak digunakan

Banyak produsen PC paket komputer baru dengan program yang tidak diinginkan dan mungkin tidak terlalu berguna. Ini sering mencakup edisi trial dan versi edisi terbatas dari program bahwa perusahaan perangkat lunak mengharapkan mencoba programnya itu dan kemudian membayar untuk meng-upgrade ke versi penuh atau versi yang lebih baru. Jika memutuskan untuk tidak menggunakan program itu, akan menjaga perangkat lunak pada computer yang mungkin akan memperlambat dengan penggunaan memori, ruang disk, dan kekuatan pemrosesan.

Hal ini adalah ide yang baik untuk menghapus semua program yang tidak untuk digunakan. Dan harus mencakup kedua perangkat lunak produsen-instal dan perangkat lunak yang diinstal sendiri tetapi tidak ingin lagi terutama program utilitas yang dirancang untuk membantu mengelola dan tune hardware komputer dan perangkat lunak. Program utilitas seperti virus scanner, disk cleaner, dan backup tools sering dijalankan secara otomatis pada startup, dan berjalan secara sembunyi secara bersama di latar belakang di mana tidak dapat melihat mereka. Banyak orang tidak tahu mereka saat berjalan atau running.

Bahkan jika PC sudah lebih lama, mungkin berisi produsen-instal program yang tidak pernah melihat atau lupa. Tidak pernah terlambat untuk menghapus dan menyingkirkan kekacauan dan sistem sumber daya yang terbuang. Mungkin akan menggunakan perangkat lunak suatu hari nanti, tetapi kenyataannya tidak pernah melakukannya dan akan memberatkan pada sistem windows dalam bekerja. Uninstall  adalah cara terbaik untuk melihat PC berjalan lebih cepat dalam kinerjanya.


Batasi berapa banyak program yang dijalankan pada saat startup

Banyak program yang dirancang untuk memulai secara otomatis ketika Windows Starts. Produsen perangkat lunak sering membuat program-program mereka untuk membuka di latar belakang, di mana tidak dapat melihat mereka berjalan, sehingga mereka akan terbuka bila Anda mengklik ikon mereka. Itu mengakibatkan untuk program yang digunakan akan banyak, tetapi untuk program yang jarang atau tidak pernah digunakan dengan memori berharga dan memperlambat waktu yang dibutuhkan Windows untuk finish starting up. Anda yang memutuskan sendiri jika ingin sebuah program untuk dijalankan pada saat startup.

Tapi bagaimana bisa tahu apa yang menjalankan program secara otomatis saat startup? Kadang-kadang ini terlihat jelas, karena program menambahkan sebuah ikon untuk area notifikasi pada taskbar, di mana dapat melihatnya berjalan. Lihat di sana untuk melihat apakah ada program yang berjalan bahwa tidak ingin untuk memulai secara otomatis. Arahkan ke setiap ikon untuk melihat nama program. Pastikan untuk klik tombol Show hidden icons button sehingga akan tahu setiap ikon.


Bahkan setelah memeriksa area notifikasi, mungkin akan masih kehilangan beberapa program yang dijalankan secara otomatis pada startup. AutoRuns untuk Windows, perangkat gratis yang dapat didownload dari situs Microsoft, menunjukkan semua program dan proses yang berjalan saat memulai Windows. Dapat juga menghentikan program dari berjalan secara otomatis ketika Windows mulai dengan membuka AutoRuns for Windows program, dan kemudian dengan menghapus kotak centang di sebelah nama program yang ingin berhenti. AutoRuns untuk Windows dirancang untuk pengguna tingkat lanjut.


Defragment hard disk

Fragmentasi membuat hard disk melakukan pekerjaan tambahan yang dapat memperlambat komputer. Disk Defragmenter menata kembali data terfragmentasi sehingga hard disk dapat bekerja lebih efisien. Disk Defragmenter berjalan pada jadwal, tetapi juga dapat defragment hard disk secara manual.


Clean up hard disk

File yang tidak perlu pada hard disk mengambil ruang disk dan dapat memperlambat komputer. Disk Cleanup berguna untuk menghapus file-file sementara, mengosongkan Recycle Bin, dan menghapus berbagai file sistem dan item lain yang tidak diperlukan lagi. Untuk menghapus file menggunakan Disk Cleanup, prosedur berikut membersihkan file yang berhubungan dengan akun anda. Anda juga dapat menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan semua file di komputer.
  1. Buka Disk Cleanup dengan mengklik tombol Start. Pada kotak pencarian, ketik Disk Cleanup, dan kemudian, dalam daftar hasil, klik Disk Cleanup.
  2. Dalam daftar Drives, klik drive hard disk yang Anda ingin membersihkan, dan kemudian klik OK.
  3. Pada kotak dialog Disk Cleanup, pada tab Disk Cleanup, pilih kotak centang untuk jenis file yang ingin Anda hapus, dan kemudian klik OK.
  4. Dalam pesan yang muncul, klik Delete files.



Jalankan program lebih sedikit pada saat yang sama

Kadang-kadang mengubah perilaku komputasi Anda dapat memiliki dampak besar pada kinerja PC. Jika Anda adalah tipe pengguna komputer yang suka menyimpan delapan program dan selusin jendela browser yang terbuka semua sekaligus saat mengirim pesan instan ke teman-jangan Anda akan terkejut jika kinerja PC Anda sangat lambat. Menjaga banyak pesan e-mail terbuka juga dapat menggunakan memori.

Pastikan hanya menjalankan satu program antivirus. Menjalankan lebih dari satu program antivirus juga dapat memperlambat komputer. Untungnya, jika Anda menjalankan lebih dari satu program antivirus, Action Center memberitahu Anda dan dapat membantu mengatasi masalah.


Matikan efek visual

Jika Windows berjalan lambat, dapat mempercepatnya dengan menonaktifkan beberapa efek visualnya. Apakah Anda lebih suka memiliki Windows berjalan lebih cepat atau terlihat lebih cantik? Jika PC cukup cepat, Anda tidak harus membuat tradeoff ini, tetapi jika komputer Anda hanya hampir tidak cukup kuat untuk Windows 7, dapat berguna untuk skala kembali pada lonceng visual dan peluit.

Dapat memilih efek visual untuk dimatikan satu per satu, atau Anda dapat membiarkan Windows dengan tampilannya. Ada 20 efek visual yang dapat mengontrol, seperti tampilan kaca transparan, menu cara membuka atau menutup, dan apakah bayangan akan ditampilkan.
Untuk mengatur semua efek visual untuk performa terbaik:
  1. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol Start, kemudian klik Control Panel. Pada kotak pencarian, ketik Performance Information and Tools, dan kemudian, dalam daftar hasil, klik Performance Information and Tools.
  2. Klik Adjust visual effects. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
  3. Klik tab Visual Effects, klik Adjust for best performance, dan kemudian klik OK



Restart Secara Teratur


Tip ini adalah sederhana hanya dengan Restart PC. Restart PC adalah cara yang baik untuk membersihkan memori dan memastikan bahwa setiap proses dan layanan yang bandel mulai berjalan bisa ditutup. Restart menutup semua software yang berjalan pada PC dan tidak hanya program yang Anda lihat berjalan di taskbar, tetapi juga puluhan layanan yang mungkin telah dimulai oleh berbagai program dan tidak pernah berhenti. Restart dapat memperbaiki masalah kinerja misterius ketika penyebab pastinya sulit untuk ditentukan.

Jika terus dengan banyak program, pesan e-mail, dan situs web terbuka dan terjadi hang, itu mungkin tanda harus me-restart PC. Semakin banyak hal yang telah terbuka dan semakin lama menjaga mereka berjalan, semakin besar kemungkinan PC akan menurun kinerjanya dan akhirnya menjalankan rendah pada memori.


Tambahkan lebih banyak memori

Ini bukan panduan untuk membeli hardware yang akan mempercepat komputer. Tapi tidak ada diskusi tentang bagaimana untuk membuat Windows berjalan lebih cepat akan lengkap tanpa mempertimbangkan untuk menambahkan lebih random access memory (RAM) ke PC. Jika komputer yang menjalankan Windows 7 tampaknya terlalu lambat, itu biasanya karena PC tidak memiliki RAM yang cukup. Cara terbaik untuk mempercepat adalah untuk menambahkan lebih besar.

Windows 7 dapat dijalankan pada PC dengan 1 gigabyte (GB) RAM, tetapi berjalan lebih baik dengan 2 GB. Untuk kinerja optimal, meningkatkan bahwa untuk 3 GB atau lebih.

Pilihan lain adalah untuk meningkatkan jumlah memori dengan menggunakan Windows ReadyBoost. Fitur ini memungkinkan untuk menggunakan ruang penyimpanan pada beberapa perangkat removable media seperti USB flash drive, untuk mempercepat komputer. Lebih mudah untuk plug flash drive ke port USB daripada membuka kasus PC dan modul memori plug ke motherboard.


Periksa virus dan spyware

Jika PC Anda berjalan lambat, itu mungkin bahwa itu terinfeksi virus atau spyware. Hal ini tidak biasa seperti masalah lain, tapi itu sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Sebelum Anda terlalu khawatir, cek PC menggunakan antispyware dan program antivirus. Gejala umum dari virus adalah kinerja komputer jauh lebih lambat dari normal. Tanda-tanda lainnya termasuk pesan tak terduga yang muncul pada PC Anda, program yang dimulai secara otomatis, atau suara hard disk terus-menerus bekerja.

Spyware adalah jenis program yang terinstal, biasanya tanpa sepengetahuan Anda, untuk menonton aktivitas di Internet. Anda dapat memeriksa spyware dengan Windows Defender atau program antispyware lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Bagaimana untuk mengetahui apakah komputer Anda terinfeksi dengan spyware.

Cara terbaik untuk berurusan dengan virus adalah untuk mencegah mereka di tempat pertama. Selalu menjalankan perangkat lunak antivirus dan tetap up to date. Bahkan jika Anda mengambil tindakan pencegahan seperti itu, sangat tidak mungkin untuk PC terinfeksi


Periksa kecepatan komputer

Jika Anda mencoba tips ini dan komputer masih terlalu lambat, Anda mungkin perlu PC baru atau upgrade hardware, seperti hard disk baru atau kartu video yang lebih cepat. Tidak perlu menebak kecepatan computer. Windows menyediakan cara untuk memeriksa dan menilai kecepatan PC dengan alat yang disebut Windows Experience Index.

Windows Experience Index tarif komputer pada lima komponen kunci dan memberi nomor untuk masing-masing, serta nilai dasar keseluruhan. Skor ini dasar hanya sebagai komponen subscore berkinerja terburuk. Skor dasar saat ini berkisar 1-7,9. Jika PC Anda berperingkat rendah dari 2 atau 3, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan PC baru, tergantung pada apa tugas-tugas yang ingin dilakukan dengan komputer Anda.

4 comments

  1. wah kebetulan sekali ni ane lagi instal levi baru hehhehhe, thannk mas infonya

    ReplyDelete
  2. Wahhh., keren nih sob.,
    tapi itu bisa gak dipake buat windows 7 Sarter, soalnya, wind 7 starter fiturnya terbatas.,

    ReplyDelete