Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Tips Bagaimana Mempercepat Kinerja Android

Mempercepat Kinerja Android

Apakah ponsel android Anda merasa sedikit lemot atau lambat? Begitupun juga Anda tidak dapat menjalankan aplikasi terbaru tanpa memberikan sentuhan pertama pada saat menghidupkan atau restart Android? Sementara banyak aplikasi Android yang menjadi lebih dan lebih canggih lagi karena pembaharuan setiap waktu, tuntutan pada ponsel android Anda semakin tinggi. Jadi bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Anda sendiri itu? Apakah itu sebuah handset yang lebih tua untuk membutuhkan perhatian atau model terbaru yang dikemas penuh dengan fasilitas musik yang bagus, performa permainan dan video, cukup perhatikan sedikit pembahasan saya tentang langkah-langkah sederhana agar dapat mempercepat kinerja Android dan lebih responsif.


Tips Mempercepat Kinerja Android

1. Sesuaikan pengaturan grafis
Di dunia ponsel kebanyakan ponsel Android yang dikemas dengan penuh fitur animasi yang membuat segala berbagai pengalaman pengguna android yang sedikit menarik untuk digunakan. Tapi mari kita pikirkan hal tersebut, semua aplikasi atau fitur dalam android tersebut tidaklah benar-benar penting semuanya. Mematikan tombol off fasilitas apa saja dalam android dapat meningkatkan kinerja pada handset yang yang lebih maksimal, carilah pada menu Settings> Options Developer dan turn off Windows Animation dan Transition Animation. Mungkin Anda juga ingin memastikan bahwa sebuah Live Wallpaper dapat mempengaruhi kinerja ponsel android anda.

2. Menghapus Widget non-esensial
Mungkin anda cukup ingin tahu untuk mengetahui widget yang berguna yaiyu melihat perkiraan cuaca pada tampilan  layar awal android, dan mungkin ingin membuang widget cuaca tersebut jika tidak sering dalam penggunaannya. Widgets yang terpasang banyak sekali dapat menggunakan daya pemrosesan dalam kinerja android dan benar-benar dapat mempengaruhi proses sistem yang begitu berat.

3. Gunakan peluncur Home Screen alternatif
Walaupun OS Android kinerjanya dioptimalkan secara maksimal, tetapi dari hari ke hari sudah banyak ponsel baru berdatangan dengan menawarkan system yang baru dan lebih cepat. Dengan beralih ke sebuah peluncur cepat, Anda dapat meningkatkan responsivitas layar home android, membuat seluruh ponsel android merasa lebih sedikit snappier. Beberapa peluncur terpopuler termasuk Launcher ADW dan Pro Launcher.

4. Mengurangi jumlah tampilan Layar Depan
Hampir sama dengan menghapus widget, langkah ini dapat membantu untuk mengurangi kekacauan di layar dari layar home dan juga dapat meningkatkan kinerja sistem. Mengurangi jumlah layar home berarti mengurangi jumlah layar perangkat yang harus memuat ke memori enternal maupun eksternal. Sementara ini mudah dicapai dalam pengaturan custom Home Screen launcher, ponsel pra-instal launcher mungkin tidak termasuk opsi ini dan harus melihat melalui pengaturan untuk mencari tahu hal tersebut.

5. Instal aplikasi browser yang lebih cepat
Sebenarnya, OS Android dibangun di browser internet dengan melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam memberikan kecepatan browsing internet yang responsif dengan sedikit rewel. Tetapi jika ingin menghemat kinerja setiap daya dari perangkat Anda, saya akan merekomendasikan beralih ke Google Chrome, karena sendiri juga menggunakan browser tersebut. Browser tersenut adalah salah satu browser tercepat saat ini dan menyediakan fasilitas dengan kinerja yang sempurna dan dioptimalkan untuk perangkat mobile.

6. Pindahkan aplikasi ke eksternal memory
Sama seperti halnya Personal Computer, perangkat mobile juga akan berjalan jauh lebih cepat dan lancar dengan adanya jumlah memory yang cukup kosong. Dengan memindahkan aplikasi dari memori internal telepon ke momory eksternal, dapat membebaskan beberapa ruang yang sangat dibutuhkan sambil tetap menjaga aplikasi android.

7. Memantau aplikasi dalam penggunaan memori
Beberapa aplikasi yang menggunakan memori lebih banyak daripada yang lain agar dipantau setiap kinerjanya. Jelas seperti itulah yang diharapkan, tapi kadang-kadang hal ini dapat menyebabkan terjadi masalah jika aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan lebih banyak memory dari yang seharusnya. Dengan menggunakan monitor aplikasi seperti Watchdog atau pada pengaturan aplikasi, Anda dapat mengawasi semua aplikasi dan membuang aplikasi yang hanya menggunakan banyak memori dan tidak terlalu penting.

8. Hapus aplikasi dan data yang tidak terpakai
Apakah ponsel Anda sudah penuh dengan aplikasi yang digunakan, tapi sekarang hanya membiarkan aplikasi-aplikasi tersebut di sana dan tidak tahu manfaatnya untuk apa? Menyingkirkan aplikasi dan membebaskan beberapa ruang pada memori internal ponsel dan eksternal, dapat dilihat melalui galeri dan perpustakaan musik. Pada dasarnya, menghapus segala sesuatu yang tidak diperlukan dan memberikan ruang memory yang sangat penting dalam kinerja ponsel android.

9. Tetap up to date
Salah satu cara terbaik untuk dapat meningkatkan kinerja perangkat Anda adalah untuk tetap sepenuhnya up to date dalam berbagai hal. Pastikan selalu untuk menjalankan update versi terbaru dari Android. Kadang-kadang, memperbaiki bug secara maksimal dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda.

10. Jangan gunakan aplikasi Defragmentation atau Taks Killers
Dalam dunia komputer bahwa defragmenting PC kita akan mempercepat sistem PC tersebut. Sementara ini memang benar bahwa computer menggunakan yang lebih besar, perangkat mobile menggunakan drive SSD untuk menyimpan data dan defragmenting ini sama sekali tidak perlu dan bahkan dapat memperpendek umur memori telepon. Dan Taks Killers juga tidak perlu karena sistem Android bisa mengurus proses mereka sendiri dan dengan penambahan Task Manager di Android 4.0 tetapi tidak perlu untuk menggunakannya.

Sementara ponsel setiap orang berbeda, ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja ponsel android dan tentu saja pembahasan saya ini bukan satu-satunya cara untuk mempercepat perangkat android Anda. Mungkin dengan hanya membersihkan pesan akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan. Tapi bagaimanapun dengan meluangkan sedikit waktu dan usaha secara optimal dapat meningkatkan ponsel Anda dan memberi pengalaman pengguna yang lebih baik.

2 comments