Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Pengertian Diabetes Dan Penyebabnya

Pengertian Diabetes

Diabetes sering disebut oleh dokter sebagai diabetes mellitus, pengertian diabetes ini menggambarkan sekelompok penyakit metabolik di mana orang tersebut memiliki glukosa darah tinggi (gula darah), baik karena produksi insulin tidak memadai, atau karena sel-sel tubuh tidak merespons insulin secara tepat, atau keduanya. Pasien dengan gula darah tinggi biasanya akan mengalami poliuria (sering kencing), mereka akan menjadi semakin haus (polidipsia) dan lapar (polifagia).
Untuk memahami diabetes, pertama Anda harus memahami bagaimana glukosa biasanya diproses dalam tubuh dan bagaimana glukosa biasanya bekerja.
Glukosa merupakan sumber utama energi untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan lain. Glukosa berasal dari dua sumber utama: makanan yang Anda makan dan hati Anda. Selama pencernaan, gula diserap ke dalam aliran darah. Biasanya, gula kemudian memasuki sel, dengan bantuan insulin.  Hormon insulin berasal dari pankreas, sebuah kelenjar yang terletak tepat di belakang perut. Ketika Anda makan, pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah Anda. Sebagai insulin beredar, itu bertindak seperti tombol, membuka pintu mikroskopis yang memungkinkan gula untuk masuk sel Anda. Insulin menurunkan jumlah gula dalam aliran darah Anda. Sebagai tingkat gula darah Anda turun, begitu juga dengan sekresi insulin dari pankreas. Hati Anda bertindak sebagai penyimpanan glukosa dan pusat manufaktur.


Jenis-jenis Diabetes

Ada tiga jenis diabetes yaitu :

1. Type 1 Diabetes

Tubuh tidak memproduksi insulin. Beberapa orang menyebut jenis ini sebagai insulin-dependent diabetes, diabetes anak-anak, atau awal-awal diabetes. Orang biasanya mengembangkan diabetes tipe 1 sebelum tahun ke-40 mereka, sering di masa dewasa awal atau remaja. Diabetes tipe 1 adalah tempat di dekat yang biasa seperti diabetes tipe 2. Sekitar 10% dari semua kasus diabetes tipe 1. Pasien dengan diabetes tipe 1 harus mengambil suntikan insulin selama sisa hidup mereka. Mereka juga harus memastikan tepat tingkat glukosa darah dengan melakukan tes darah secara teratur dan mengikuti diet khusus. Antara tahun 2001 dan 2009, prevalensi diabetes tipe 1 di antara di bawah 20-an di Amerika Serikat naik 23%, menurut CARI untuk Diabetes Pemuda dalam data yang dikeluarkan oleh CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit). 

2. Diabetes Tipe 2

Tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup untuk fungsi yang tepat, atau sel-sel dalam tubuh tidak bereaksi terhadap insulin (resistensi insulin). Sekitar 90% dari semua kasus diabetes di seluruh dunia dari jenis ini. Beberapa orang mungkin dapat mengontrol jenis mereka 2 gejala diabetes dengan kehilangan berat badan, mengikuti diet sehat, melakukan banyak latihan, dan pemantauan kadar glukosa darah mereka. Namun, diabetes tipe 2 biasanya penyakit progresif, secara bertahap semakin memburuk dan pasien mungkin akan berakhir harus mengambil insulin, biasanya dalam bentuk tablet.
Orang gemuk dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang memiliki berat badan yang sehat. Orang dengan banyak lemak visceral, juga dikenal sebagai obesitas sentral, lemak perut atau obesitas perut, sangat beresiko. Kelebihan berat badan / obesitas menyebabkan tubuh melepaskan zat kimia yang dapat mengganggu kestabilan sistem tubuh jantung dan metabolisme.
Risiko mengembangkan diabetes tipe 2 juga lebih besar seiring bertambahnya usia. Para ahli tidak sepenuhnya yakin mengapa, tetapi mengatakan bahwa seiring dengan bertambahnya usia kita cenderung menambah berat badan dan menjadi kurang aktif secara fisik. Mereka yang memiliki kerabat dekat yang telah / memiliki diabetes tipe 2, orang dari Timur Tengah, Afrika, atau keturunan Asia Selatan juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit.
Pria yang tingkat hormon testosteron rendah telah ditemukan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia, mengatakan bahwa kadar testosteron rendah dikaitkan dengan resistensi insulin.

3. Gestational diabetes

Tipe ini mempengaruhi wanita selama kehamilan. Beberapa wanita memiliki tingkat yang sangat tinggi glukosa dalam darah mereka, dan tubuh mereka tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk mengangkut semua glukosa ke dalam sel mereka, sehingga tingkat semakin meningkatnya glukosa.
Diagnosis diabetes gestasional dibuat selama kehamilan dan sebagian besar pasien diabetes gestasional dapat mengontrol diabetes mereka dengan olahraga dan diet. Antara 10% sampai 20% dari mereka akan perlu mengambil beberapa jenis darah glukosa-pengendalian obat. Gestational diabetes terdiagnosis atau tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko komplikasi selama persalinan. Bayi mungkin lebih besar dari dia / dia seharusnya.
Para ilmuwan dari National Institutes of Health dan Harvard University menemukan bahwa wanita yang diet sebelum hamil yang tinggi lemak hewani dan kolesterol memiliki risiko lebih tinggi untuk gestational diabetes, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang diet rendah lemak kolesterol dan hewan.

Penyebab Diabetes

Bila Anda belum makan dalam glukosa sementara hati rilis disimpan untuk menjaga kadar gula Anda dalam kisaran normal. Dan berikut penyebab diabetes :

  • Penyebab diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh yang biasanya melawan bakteri berbahaya atau serangan virus dan menghancurkan produksi sel insulin di pankreas dan hal ini membuat Anda dengan insulin sedikit atau tidak ada sama sekali. Bukannya diangkut ke dalam sel tubuh yang lain melainkan gula menumpuk dalam aliran darah Anda. Tipe 1 ini diduga disebabkan oleh kombinasi dari kerentanan genetik dan faktor lingkungan, meskipun persisnya pada faktor-faktor tersebut masih belum jelas.

  • Penyebab pradiabetes dan diabetes tipe 2

Dalam pradiabetes - yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan pada diabetes tipe 2, sel-sel Anda menjadi resisten terhadap tindakan insulin, dan pankreas Anda tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengatasi hambatan ini. Alih-alih bergerak ke dalam sel, gula menumpuk dalam aliran darah Anda. Persis mengapa hal ini terjadi tidak pasti, meskipun seperti dalam diabetes tipe 1, itu percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan memainkan peran dalam pengembangan tipe 2. Menjadi kelebihan berat badan sangat terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2, tetapi tidak semua orang dengan tipe 2 kelebihan berat badan.

  • Penyebab diabetes gestasional

Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon untuk mempertahankan kehamilan Anda. Hormon ini membuat sel-sel Anda lebih tahan terhadap insulin. Sebagai plasenta Anda tumbuh lebih besar di trimester kedua dan ketiga, mengeluarkan lebih banyak hormon ini - membuatnya lebih sulit bagi insulin untuk melakukan tugasnya.

Biasanya, pankreas Anda merespon dengan memproduksi insulin ekstra yang cukup untuk mengatasi hambatan ini. Tapi kadang-kadang pankreas tidak dapat mengikuti. Ketika ini terjadi, terlalu sedikit glukosa masuk ke sel-sel Anda dan tetap terlalu banyak dalam darah Anda. Ini adalah gestational diabetes.


2 comments

  1. ternyata banyak jenis-jenis juga yang namanya kencing manis.... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,..makasih kunjungannya
      minal aidzin wal faidzin,... :D

      Delete