Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Batu Asteroid Yang Jatuh Ke Bumi

Asteroid Jatuh

Asteroid Jatuh Yang Jatuh Ke Bumi adalah probabilitas rendah yang paling dalam dampak peristiwa yang tinggi. Pada tahun 1908 batu luar angkasa beberapa puluh meter jatuh dan hancur di Siberia. Ledakan merata lebih dari 2.000 kilometer persegi (800 mil persegi) di hutan. Kekuatan ledakan itu antara sepuluh dan 15 megaton, semua itu sama dengan senjata nuklir paling kuat dibangun selama perang dingin. Bahwa meteorit tersebut meledak di atas Siberia melainkan bukan di Paris atau Beijing adalah merupakan keberuntungan murni.

Untungnya, politisi menyadari risiko tersebut. Pada tahun 1992 Kongres Amerika menyarankan bahwa NASA, badan antariksa negara itu, mulai mengamati asteroid yang orbitnya mungkin membuat ancaman karena Asteroid Jatuh Yang Jatuh Ke Bumi akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi manusia. Saat ini, NASA menyadari 1.320 "asteroid berpotensi berbahaya", yang didefinisikan mereka adalah orbit dekat Bumi dan yang lebih dari 150 meter, tetapi memperhitungkan hal itu hanya sekitar seperempat dari total. Sebuah teleskop ruang angkasa yang disebut NEOCam ( Nera Earth Object Camera ), dirancang untuk mencari batu tersebut, berada di papan gambar.

Namun NASA segera memiliki bantuan atau kompetisi dari tempat lain. Pada tanggal 28 Juni Foundation B612, sebuah badan amal Amerika bernama setelah rumah asteroid dari karakter dalam "The Little Prince", sebuah buku anak-anak Perancis, mengumumkan bahwa mereka ingin meluncurkan sebuah teleskop asteroid-spotting ruang sendiri. Dijuluki Sentinel, teleskop ini harus dibayar oleh sumbangan pribadi, dibangun oleh sebuah tim insinyur termasuk veteran dari teleskop ruang-lain diterbangkan oleh NASA dan jika semua berjalan sesuai rencana, yang diluncurkan oleh SpaceX, perusahaan peroketan swasta, pada tahun 2018 .


Yayasan B612 bukanlah pendatang baru di bisnis ruang. Hal ini dimulai pada tahun 2002. Dan salah satu pendirinya, Rusty Schweickart, adalah astronot Apollo. Seperti dengan lainnya perusahaan ruang angkasa swasta, banyak donor yang dibuat uang mereka dalam industri komputasi. Tujuan awal adalah untuk menemukan cara membelokkan asteroid yang mungkin pada jalur tabrakan dengan Bumi, bekerja pada asumsi bahwa masalah bercak mereka di tempat pertama bisa ditangani oleh NASA dan lainnya, tanah berbasis astronom.

Tapi pemotongan anggaran telah mencapai misi ilmu pengetahuan NASA keras. Yayasan khawatir bahwa NEOCam tidak pasti untuk terbang, meski NASA telah katalog sebagian besar, terbesar peradaban berakhir asteroid, ribuan batuan yang lebih kecil, dari dimensi mirip dengan yang meledaknya di Siberia, tetap tidak terdeteksi. Kalau orang untuk memprediksi bagian yang salah dari planet ini akan menyebabkan bencana. Karena itu pergeseran fokus dari defleksi untuk penemuan.

Misi Sentinel akan secara luas mirip dengan NEOCam. Kedua teleskop akan memiliki cermin 50cm. Keduanya akan memindai langit dalam spektrum infra-merah, di mana asteroid gelap namun relatif hangat harus muncul terang melawan dingin ruang dalam. Keduanya akan menghuni orbit antara Bumi dan matahari, untuk mendapatkan sudut pandang terbaik.

Ambisi yayasan adalah untuk menghasilkan sebuah peta asteroid yang mencatat 90% dari objek dekat Bumi yang lebih dari 140 meter, dan setengah dari mereka lebih besar dari 50 meter. Berbekal data pada orbitnya dan kecepatan, para astronom harus mampu menghitung yang menimbulkan ancaman selama abad mendatang atau lebih.

Meskipun yang harus merawat sebagian besar batuan benar-benar menakutkan (dan menyediakan sumber keuntungan bagi para ilmuwan yang mempelajari asteroid), katalog Sentinel tidak akan tidak lengkap. Bahkan dampak yang relatif kecil dapat melakukan banyak kerusakan. Kawah Barringer di Arizona (diilustrasikan bersama) adalah 1.2km dengan diameter. Goa itu digali orang yang serupa dengan ukuran yang Siberia Devastator-tapi lebih padat, maka kawah.

Khawatir tentang hal semacam ini mungkin tampak esoteris. Untuk waktu yang lama, dampak asteroid diperlakukan sebagai sedikit lelucon. Cekikikan agak mereda pada tahun 1994, ketika para astronom memiliki kursi depan-baris sebagai fragmen komet yang disebut Shoemaker-Levy 9 menabrak Jupiter. Energi yang dilepaskan oleh tabrakan ini adalah ratusan kali lebih besar dari daya ledak gabungan dari setiap senjata nuklir di Bumi. Lekuk seukuran Bumi di atmosfer Jovian bertahan selama berbulan-bulan.

Dan itu bukan pertemuan dekat hanya mengkhawatirkan akhir-akhir ini. Pada tanggal 17 Juni 2002, misalnya, para astronom melihat sebuah batu 80 meter yang tidak terjawab Bumi oleh luasnya sebuah rambut astronomi, melewati baik di dalam orbit Bulan. Masalahnya adalah, mereka hanya melihat itu tiga hari setelah titik pendekatan terdekat. Sentinel, jika terbang, harus membuat hal semacam itu kecil kemungkinannya. Dan tidak akan dikenakan biaya pembayar pajak sepeser pun.

2 comments

  1. postingan yang bagus tentang batu asteroid yang jatuh ke bumi

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas kunjungannya gan,... :D

    ReplyDelete