Berisi informasi tentang kesehatan, komputer, android, blackberry, internet, tips bloging, seo, berbagai puisi, tv streaming, science dan informasi yang berguna untuk kehidupan masyarakat

Obyek Wisata Bojongsari Purbalingga


Obyek Wisata Bojongsari - Wisata Air Purbalingga

Obyek wisata Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga propinsi Jawa Tengah. Berawal dari sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004 dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005.

Wahana Permainan
• Kolam Olympic
• Papan luncur, WaterBoom
• Flying Fox
• Kolam sesat
• Pantai BebasTsunami
• Kolam Pesta Air
• Kolam Akhir
• Kanal Arus
• Kolam Terapi Ikan
• Arena Gokart
Perusahaan Daerah Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga bertekat menyajikan industri pariwisata terbaik menyusul diraihnya predikat juara I Lomba Sapta Pesona Tingkat Jawa Tengah dalam kategoru objek wisata buatan.



“Kami harus bisa mempertahankan predikat tersebut di tengah persaingan objek wisata sejenis di Jateng,” kata Manager Humas Owabong, Agus Dwiyantoro di Purbalingga, Sabtu.
Menurut dia, predikat tersebut merupakan motivasi bagi Owabong untuk terus maju sehingga bisa menyajikan industri pariwisata terbaik di Jateng.
Ia mengatakan, ada tiga titik berat penilaian dalam lomba tersebut, yakni pelayanan, kebersihan, dan keramahan.
“Hal ini yang harus kita tingkatkan demi kepuasan wisatawan di samping poin-poin penting lainnya dalam sapta pesona,” katanya.
Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga Suyitno mengatakan, Owabong memiliki ciri tersendiri meski objek wisata sejenis dibuka di kabupaten lain di Jateng.
“Saat ini Owabong memiliki wahana terapi ikan, bahkan menurut rencana dalam waktu dekat akan dibuat area Ninja Warrior sebagai wahana tantangan bagi kawula muda,” katanya.
Menurut dia, piagam penghargaan dalam Lomba Sapta Pesona tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dalam acara Silaturahmi Keluarga Besar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah di Hotel Patrajasa Semarang, Jumat (9/10).
Dalam acara tersebut juga diserahkan piagam penghargaan untuk juara II dalam kategori objek wisata buatan kepada Green Land Kota Salatiga dan juara III kepada Pandawa Water World Kabupaten Sukoharjo.
Sementara untuk kategori objek wisata alam, juara I diraih Baturaden Kabupaten Banyumas, juara II diraih Sadakara Kabupaten Karanganyar, dan juara III diraih Pantai Indah Kabupaten Tegal.
Untuk kategori wisata budaya atau religi, juara I dimenangkan Objek Wisata Museum Batik Kabupaten Pekalongan, juara II Candi Borobudur Kabupaten Magelang, dan Juara III Obyek Wisata Benteng Pendem Kabupaten Cilacap.

Nama besar Owabong sekarang sudah sampai kemana-mana. Buktinya setiap hari Owabong di datangi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Apalagi kalau musim liburan, ribuan orang siap memadati Obyek Wisata tersebut. Seperti gambar diatas (title). Suasana liburan di Owabong ya seperti itu.

Ngomong-ngomong Owabong itu di mana ya ?

Owabong terletak di desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Kalau dari Semarang ke Owabong, perjalanan sekitar 4 jam.

Sebelum di bangun Owabong, tempat ini juga tempat pemandian ( kolam renang ) namanya Kolam Renang Bojongsari. Jadi ingat masa laluku sewaktu masih kecil mandi di kolam renang Bojongsari ini, airnya dingin dan segar, karena airnya berasal dari mata air pegunungan. Sama seperti Owabong sekarang ini airnya masih tetap segar dan dingin. Bedanya, sekarang sudah semakin besar dan semakin banyak pengunjung.

Wahana yang ada di Owabong semakin bertambah, antara lain :


Waterboom

[Waterboom]

Waterboom ini memiliki ketinggian 13 meter. Dan yang paling tinggi di Jawa Tengah. Siapa yang berani ya... Kalo saya sudah pernah 1 kali. Rasanya.. Enak dan menegangkan....

Kolam Olympic

kolam olympic owabong

Kolam Olympic ini berstandar internasional yang memiliki ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.

Melawan Arus

melawan arus owabong

Melawan Arus. Kanal arus ini sepanjang sekitar 200 meter. Di sini pengunjung bisa menyewa Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung.


Ember Tumpah



Ya... Orang-orang menyebut wahana ini ember tumpah. Beberapa menit menunggu ember yang diisi air penuh...trus...byur......


Kolam Pesta Air

kolam pesta air owabong

Kalau ada yang membawa anak-anak, ajak ke sini, di sini tempatnya anak-anak bermain air.


Pantai Bebas Tsunami

kolam bebas tsunami owabong

Kalau di sini, wah bener-bener seperti di pantai, di pinggir kolam terdapat pasir-pasir pantai, di sini juga ada perahu kecil. Sesuai dengan namanya, pantai ini terbebas dari tsunami.

Waktu saya ke Owabong, di Pantai Bebas Tsunami ini, ada lomba menangkap ikan, siapa saja yang menangkap ikan paling banyak akan mendapat hadiah uang. Enak ya... dapat uang.

Flying Fox

flying fox owabong

Nah di atas sepanjang Pantai Bebas Tsunami, tedapat ini : Flying Fox.


Theatre 4 Dimensi

theater 4 dimensi owabong

Kalo yang hoby nonton, masuk saja di sini Theatre 4 Dimensi.


Sebenarnya masih banyak lagi seperti Arena Gokart, Kolam Air Hangat, Tempat Penginapan dll. Tapi rasanya sudah terlalu panjang tulisan saya ini mengenai Obyek Wisata di Purbalingga (Owabong) ini.
Terima kasih untuk kunjungannya,. :D

3 comments

  1. Replies
    1. promo yang bagus lewat online sob, itu pengelolaan wisatanya udah bagus, keren dan profesional.
      salam blogger

      Delete
    2. oke sob,..makasih juga kunjungannya...

      Delete